manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil

Ragam manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil bisa dibagi menjadi beberapa poin berdasarkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Jika dihubungkan dengan ibu dan kehamilan, maka asupan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar diperhatikan. Salah-salah, janin bisa terkena malnutrisi dan lahir secara prematur. Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat ikan bandeng jika dikonsumsi ibu hamil?

Ragam Manfaat Ikan Bandeng Bagi Ibu Hamil

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Perkembangan Uji Mutu Hasil Perikanan pada tahun 1996 lalu, ikan bandeng memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Berikut merupakan beberapa manfaat kandungan utama ikan bandeng bagi ibu yang sedang mengandung.

1. Melancarkan Proses Pencernaan

manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil

Kandungan lemak yang terdapat pada ikan bandeng berperan penting dalam melancarkan proses buang air besar sekaligus mencegah timbulnya sembelit selama masa kehamilan. Bisa dibilang, lemak bandeng berfungsi sebagai “pelumas feses” di sepanjang saluran usus untuk kemudian akan dikeluarkan tubuh lewat anus.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Secara garis besar, protein memegang peranan penting sebagai benteng pertahanan kesehatan bagi ibu dan janin yang dikandungnya dalam bidang imunitas, yakni sebagai supplier produksi berbagai macam antibodi dalam tubuh. Terutama dalam proses produksi leukosit atau sel darah putih yang berfungsi sebagai penangkal berbagai zat asing yang dikhawatirkan dapat mengancam kondisi tubuh.

3. Pemasok Produksi Sel Darah Merah

manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil

Secara keseluruhan, protein berperan sebagai pemasok produksi sel darah merah. Seperti yang kita pahami, sel darah merah bertugas untuk mengantar seluruh nutrisi pada jaringan tubuh manusia, sehingga segala kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan dapat terjamin kelancarannya.

4. Melancarkan Sistem Metabolisme Tubuh

Ikan bandeng mengandung fosfor yang berguna dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh selama masa kehamilan. Di masa kehamilan, tubuh seorang ibu dipaksa kerja 2 kali lipat demi memenuhi kebutuhan janin dan dirinya sendiri. Dengan sistem metabolisme yang baik, kerja tubuh ibu pun akan terasa lebih ringan.

5. Mengendalikan Konsentrasi Gula Dalam Darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ikan bandeng memiliki kandungan mangan yang baik dalam mengendalikan konsentrasi gula dalam darah. Hal ini disebut-sebut mampu mencegah timbulnya diabetes gestasional yang biasa terjadi pada seorang wanita di masa kehamilannya. Adapun jenis diabetes ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya ialah diabetes Tipe 1 yang diderita sejak lahir dan diabetes Tipe 2 yang bisa dialami siapa saja seiring dengan pertambahan usia berikut perkembangan pola makan yang kurang tepat.

Selain mengendalikan risiko diabetes, mangan diyakini mampu menguatkan tulang selama masa kehamilan serta meminimalisir timbulnya rasa nyeri dan/ atau peradangan pada ibu hamil. Sederhananya, mangan bertugas untuk menangani osteoarthritis.

6. Meningkatkan Kesehatan Syaraf

manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil

Tak banyak diketahui orang, faktanya ikan bandeng yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu memperkuat kesehatan syaraf ibu hamil, terutama yang berhubungan langsung dengan “pusat kendali tubuh manusia”. Sebuah studi menjelaskan bahwa kandungan asam decosa hexanoic memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan syaraf ibu hamil. Sebut saja saraf penglihatan yang terletak di dalam mata. Dalam hal ini, mengkonsumsi ikan bandeng dapat membantu penglihatan ibu hamil senantiasa berfungsi secara optimal.

Disamping itu, asam decosa hexanoic juga berperan penting dalam sistem pertahanan tubuh ibu hamil sehingga berbagai risiko bahaya yang dimungkinkan akan merugikan dan mengancam kehamilan dapat dieliminir dengan tepat.

Itulah beberapa manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil yang cukup penting namun masih jarang disorot masyarakat. Untuk informasi lebih jauh terkait kesehatan ibu, janin, anak, dan masa kehamilan, silahkan kunjungi https://www.morulaivf.co.id dan dapatkan konsultasi terbaik dari ahli nan kompeten!