manfaat ikan dori untuk ibu hamil

Banyak manfaat ikan dori untuk ibu hamil yang cukup kompleks dan beragam. Ikan dori banyak dinikmati masyarakat Indonesia lantaran teksturnya yang cenderung lembut dan tidak berduri. Terlebih kandungan nutrisi di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil beserta kandungannya. Lalu, apa saja ya manfaat mengkonsumsi olahan ikan dori secara rutin bagi ibu hamil?

Manfaat Ikan Dori Bagi Ibu Hamil

Berkat kandungan eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), florida, selenium, taurin, magnesium, zat besi, yodium, serta omega 3 yang ada pada ikan dori, sejumlah manfaat ikan dori berikut bisa Anda peroleh jika mengonsumsi ikan dori setiap hari di rumah. Simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

1. Sumber Protein

manfaat ikan dori untuk ibu hamil

Protein yang terdapat pada ikan dori menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Pasalnya, peran protein sangat esensial dalam mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perlu diketahui, defisiensi protein bisa berakibat terganggunya perkembangan otot, tulang, dan sendi janin. Dan bahkan, dalam beberapa kasus bayi akan lahir dengan berat badan rendah hingga mengalami kecacatan. Guna mengatasi risiko tersebut, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 40-50 gram protein di setiap harinya. Yang mana kadar tersebut bisa terpenuhi dengan seporsi ikan dori.

2. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Salah seorang peneliti asal Universitas Laval menjelaskan bahwa ibu hamil yang memenuhi kandungan omega 3, terutama DHA, cenderung melahirkan anak dengan kemampuan motorik, kognitif, dan indra yang lebih baik. Omega 3 juga diyakini mampu mengurangi risiko kelahiran prematur dan baby blues pasca melahirkan. Studi lain yang digarap di Spanyol terhadap 2.000 ibu hamil mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi 3-4 porsi olahan ikan dori semenjak trisemester awal kehamilan dan terus berlanjut sampai anak berusia 5 tahun, dikabarkan akan mengalami kenaikan IQ sampai 2,8% daripada ibu yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali.

3. Sumber Vitamin

manfaat ikan dori untuk ibu hamil

Terdapat beberapa jenis vitamin pada ikan dori yang amat dibutuhkan dalam menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin, mendorong perkembangan otot janin, serta meningkatkan kekebalan tubuh janin. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. Diketahui, memenuhi asupan vitamin sebagaimana disebutkan dapat menghindarkan ibu hamil dari risiko tekanan darah tinggi, diabetes, rambut rontok, dan beragam masalah kulit yang memang sering terjadi selama masa kehamilan. Selain itu, risiko keguguran dan bayi lahir cacat juga bisa diminimalisir.

4. Alternatif Sumber Asam Folat yang Lezat

Setiap harinya, ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan 600 mcg asam folat. Selain bisa diperoleh dari suplemen, rupanya asam folat juga bisa didapat dari konsumsi ikan dori! Sebagai tambahan catatan, asam folat berguna untuk mencegah risiko keguguran, meminimalisir risiko preeklampsia, dan mencegah anemia pada ibu hamil.

5. Meningkatkan Kinerja Sistem Pencernaan

Sejumlah gangguan pencernaan seperti mulas dan sembelit seringkali menjadi pasangan ibu selama masa kehamilannya. Bila sudah begini, kinerja sistem pencernaan bakal terganggu yang jika dibiarkan dalam kurun waktu lama dapat berakibat pada terhambatnya penyerapan nutrisi ibu dan janinnya. Ragam nutrisi yang ada pada ikan dori dipercaya dapat membantu kesehatan pencernaan ibu selama masa kehamilannya.

6. Membuat Kulit Lebih Glowing

manfaat ikan dori untuk ibu hamil

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ikan dori memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecantikan ibu selama masa kehamilan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan dori sebagai menu harian, kulit ibu akan terasa lebih halus, segar, lembab, glowing, dan tampak lebih muda. Selain itu, kandungan nutrisi ikan dori juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Demikianlah informasi tentang manfaat ikan dori untuk ibu hamil. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai topik kehamilan, saran, maupun ruang diskusi bersama ahlinya, maka https://morulaivf.co.id bisa menjadi salah satu opsinya.