manfaat ikan kembung untuk ibu hamil

Kandungan nutrisi ikan kembung yang sangat kaya menjadikan manfaat ikan kembung untuk ibu hamil makin beragam. Mulai dari menurunkan tekanan darah hingga mengatasi gangguan perubahan suasana hati. Khasiat ikan kembung bisa ibu rasakan ketika mengkonsumsi ikan kembung secara rutin dengan bobot 85 gr ikan untuk setiap porsinya. Dalam takaran tersebut, ibu bakal memperoleh 223 kalori, 20 gr protein, 15 gr lemak, 6 gr lemak tak jenuh tunggal, 4 gr lemak tak jenuh ganda, kalium, selenium, fosfor, magnesium, vitamin B6, B12, riboflavin, dan niacin.

Manfaat Ikan Kembung Bagi Ibu Hamil

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

manfaat ikan kembung untuk ibu hamil

Kandungan vitamin D dan kalsium yang ada pada ikan kembung memegang peranan krusial dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin D sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang bertugas dalam memaksimalkan absorpsi kalsium. Tak hanya baik untuk kesehatan gigi, konsumsi vitamin D dalam kadar tepat akan membuat gigi menjadi lebih kuat dan tidak mudah goyang.

2. Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebih

Salah satu penyebab meningkatnya risiko diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil ialah kenaikan berat badan secara berlebihan. Usut punya usut, kandungan omega-3 yang dimiliki ikan kembung bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengontrol proporsi kenaikan bobot ibu lho! 

Dengan mengkonsumsi ikan kembung secara berkala dan dibarengi bersama olahraga teratur, lemak yang tertimbun di area perut akan berkurang secara signifikan. Selain itu, ikan kembung juga baik dalam mengatur sistem metabolisme tubuh dan mengontrol kadar gula darah pada ibu yang mengalami kelebihan berat badan selama masa kehamilannya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat ikan kembung untuk ibu hamil

Ketika hamil, tubuh ibu bekerja lebih keras dalam menjalankan perannya masing-masing. Sehingga daya tahan tubuh yang dimilikinya pun cenderung menurun. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini akan meningkatkan risiko ibu hamil terserang berbagai jenis penyakit. 

Sejak bertahun-tahun lalu, ikan kembung diyakini ampuh memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung fungsi organ ibu hamil, terutama organ-organ yang mengalami penurunan fungsi akibat penyakit tertentu. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan kembung berguna sebagai agen anti radang. Sementara koenzim Q10 akan melindungi sel dari berbagai potensi kerusakan yang dapat memicu risiko kanker juga meningkatkan kapasitas ibu hamil dalam melawan infeksi.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Hipertensi jadi hal yang patut dihindari ibu hamil lantaran dapat menimbulkan risiko preeklampsia. Ibu hamil yang mengkonsumsi ikan kembung secara rutin akan lebih terkendali tekanan darahnya saat mengandung. Tak hanya itu, ragam nutrisi dalam ikan kembung dapat menurunkan risiko komplikasi kesehatan yang terkait dengan tekanan darah tinggi seperti halnya penyakit jantung. Berkat kalium tinggi yang dipunyai ikan kembung, tekanan darah ibu hamil tetap dalam batas normal.

5. Mengatasi Gangguan Perubahan Suasana Hati

manfaat ikan kembung untuk ibu hamil

Berdasarkan publikasi yang dilakukan oleh Harvard Health Publishing, asam lemak omega-3 bisa membantu mengatasi gangguan perubahan suasana hati yang dialami oleh ibu hamil. Sebagaimana diketahui, biasanya ibu hamil rentan mengalami perubahan mood. Memang hal seperti ini terdengar remeh dan sangat umum. Kendati demikian, bila dibiarkan secara terus-menerus dapat berisiko mengakibatkan depresi. Kandungan DHA pada ikan kembung juga berguna dalam menurunkan risiko terkena parkinson dan alzheimer.

Demikianlah sekilas informasi mengenai manfaat ikan kembung untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Ragam informasi tambahan lainnya terkait kehamilan dan asupan nutrisi lengkap dengan manfaatnya bisa Anda akses melalui morulaivf.co.id.