manfaat ikan mujair untuk ibu hamil

Ada banyak sekali jenis ikan air tawar yang digandrungi masyarakat Indonesia, salah satunya ialah ikan mujair. Manfaat ikan mujair untuk ibu hamil bisa diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung di dalam ikan tersebut, diantaranya adalah vitamin B1, B12, zat besi, fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak, protein, dan energi.

Manfaat Ikan Mujair Untuk Kesehatan

1. Mencegah Bayi Lahir Prematur

manfaat ikan mujair untuk ibu hamil

Terdapat begitu banyak hal yang bisa menjadi pemicu bayi lahir prematur. Disamping adanya masalah pada kondisi sang ibu yang kurang mendukung, bayi dimungkinkan lahir prematur lantaran kurangnya asupan asam lemak omega 3 selama dalam kandungan. Sejumlah ahli menyebutkan bahwa mengkonsumsi asam lemak omega 3 secara cukup pada masa kehamilan, selain mencegah risiko bayi lahir prematur, juga akan mencegah timbulnya risiko preeklampsia. Nah, asupan asam lemak omega 3 sendiri bisa diperoleh dari ikan-ikanan seperti ikan mujair.

2. Menyehatkan Kulit

Beberapa ibu hamil di dunia mengeluhkan kulitnya menjadi tidak secantik dulu sebelum mereka mengandung, sebenarnya hal ini dialami oleh seluruh wanita selama masa kehamilan. Sebab, kinerja hormon kehamilan bisa membuat kulit ibu hamil tampak buruk. Mengkonsumsi ikan mujair yang sudah terbukti kaya akan antioksidan diyakini mampu membantu mengatasi masalah kulit yang dialami ibu hamil selama kehamilannya.

3. Mendukung Pertumbuhan

Ikan mujair mengandung protein tinggi yang berguna sebagai zat pembangun tubuh. Bisa disimpulkan, protein pada ikan mujair memegang peranan penting bagi tubuh secara menyeluruh, terutama pada ibu yang sedang mengandung. Pasalnya, ketika ibu hamil kekurangan protein di dalam tubuhnya, dikhawatirkan perkembangan janin selanjutnya akan ikut terganggu.

4. Antioksidan Alami

manfaat ikan mujair untuk ibu hamil

Pada dasarnya, asupan mineral bisa diperoleh dari berbagai macam sumber makanan, baik nabati maupun hewani, termasuk pula dengan ikan mujair. Ikan mujair sendiri dikenal memiliki mineral jenis selenium yang bersifat antioksidan. Sebagaimana kita ketahui, antioksidan berperan penting dalam membantu menghindari adanya kerusakan jaringan sel dalam tubuh. Selain itu, antioksidan alami juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu saat hamil.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Secara garis besar, ibu yang sedang hamil lebih rentan terserang penyakit, misalnya saja pilek, batuk, atau flu. Ini terjadi dikarenakan kekebalan tubuh ibu saat hamil umumnya dipengaruhi oleh hormon kehamilan, sehingga terkadang membuat ibu hamil merasa gampang depresi dan mudah capek. Kandungan selenium pada ikan mujair sangatlah baik bagi tubuh ibu karena dapat menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh.

6. Menyehatkan Jantung

Asam lemak omega 3 diklaim ampuh membantu mencegah timbulnya penyakit jantung, stroke, dan pikun atau demensia. Meski memang manfaatnya bagi jantung cukup baik, namun perlu diingat ibu hamil disarankan untuk membatasi jenis-jenis ikan dengan kandungan omega 3 di dalamnya. Dimana ikan tersebut dikhawatirkan telah tercemar merkuri. Seperti yang diketahui, merkuri bisa menyebabkan risiko yang kurang baik bagi ibu hamil dan janinnya.

7. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

manfaat ikan mujair untuk ibu hamil

Kalsium dan fosfor menjadi nutrisi lain yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, mengingat perannya yang sangat krusial dalam pembentukan tulang dan gigi janin. Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium dan fosfor seperti ikan mujair juga bisa menghindarkan bayi dari risiko cacat lahir dan komplikasi kehamilan yang cenderung berbahaya.

Demikianlah beberapa manfaat ikan mujair untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Biar bagaimanapun, membuat janji konsultasi dengan dokter untuk menentukan menu yang sesuai dengan usia dan kebutuhan ibu dan janinnya sangatlah penting untuk dilakukan. Jikapun Anda merasa enggan untuk datang langsung ke klinik atau rumah sakit, maka https://morulaivf.co.id bisa menjadi solusinya. So, jangan ragu untuk lakukan konsultasi ya!