manfaat ikan nila untuk ibu hamil

Manfaat ikan nila untuk ibu hamil sama pentingnya dengan buah dan sayuran. Ikan yang satu ini direkomendasikan karena tidak memiliki banyak duri, mudah dicari, dan pastinya harganya juga terjangkau. Ikan Nila rasanya juga sangat lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam resep masakan.

Manfaat Ikan Nila saat Masa Kehamilan

Beragam manfaat dari ikan nila untuk ibu hamil belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal, ikan nila ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi janin maupun ibu hamil. Ingin tahu apa saja manfaat ikan nila ini? Ayo simak informasi selengkapnya di sini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat ikan nila untuk ibu hamil

Ikan Nila ternyata sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh khususnya untuk ibu hamil. Mengonsumsi ikan ini sangat direkomendasikan agar kesehatan ibu tetap terjaga karena mereka yang sedang hamil akan sangat rentan terhadap sakit dan kelelahan. Kandungan omega 3 yang tinggi dalam ikan ini akan membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menguatkan otot serta tulang ibu. Dengan begitu, mereka akan tetap sehat dan kuat dalam menghadapi persalinan.

2. Ikan Kaya akan Protein

manfaat ikan nila untuk ibu hamil

Sudah tidak diragukan kembali bahwa ikan nila kaya akan protein. Hal tersebut sangat baik dalam meningkatkan perkembangan bayi serta menjaga kesehatan tubuh ibu selama masa kehamilan yang kadang-kadang membuat imun menurun dengan sendirinya. Dalam satu potong ikan Nila mengandung 21 gram protein yang mana hal tersebut lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan perkembangan bayi dan menjaga kesehatan ibu.

3. Ikan Rendah Kandungan Merkuri

Tidak perlu takut keracunan saat mengonsumsi ikan nila. Ikan ini sangat rendah akan merkuri jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Bahkan untuk ikan nila yang sudah beku, hal tersebut dinilai tidak mengandung merkuri sama sekali. Jadi, ikan nila sangat aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Hal ini juga sangat direkomendasikan karena kandungan di dalamnya sangat dibutuhkan baik oleh ibu maupun bayi.

4. Untuk Mengganti Kebutuhan Kalori

Ikan nila mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi. Hal ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang mana saat proses kehamilan mereka akan lebih banyak membutuhkan kalori dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mengonsumsi ikan nila adalah salah satu alternatif terbaiknya. Ikan nila mengandung 90 kalori per potongnya. Hal ini sudah sangat baik dalam menyuplai kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungan.

Cara Mengolah Ikan Nila

manfaat ikan nila untuk ibu hamil

Cara mengolah ikan nila menjadi berbagai macam masakan yang lezat sangatlah mudah. Ikan ini memiliki cita rasa daging yang gurih dan tidak berbau tanah sehingga siapa saja pasti suka untuk menyantapnya.

Untuk dikonsumsi ibu hamil, ikan nila bisa dimasak menjadi olahan yang sehat tanpa perasa buatan apapun. Ibu bisa menggoreng ikan nila, membakarnya, memasak sup ikan nila, dan membuatnya menjadi berbagai macam cita masakan nusantara lain yang disukai. Yang paling penting adalah jangan sampai pada olahan tersebut mengandung bahan-bahan kimia buatan yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

Manfaat ikan nila untuk ibu hamil sangatlah banyak dan akan memberikan keuntungan dalam proses kehamilan serta persiapan persalinan. Oleh sebab itu, rutinlah mengonsumsi jenis ikan ini dan masaklah dengan bumbu-bumbu yang diinginkan dan pastinya sehat agar selera nafsu makan semakin bertambah.