manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Salah satu jenis ikan yang baik untuk ibu hamil adalah ikan patin. Manfaat ikan patin untuk ibu hamil dikenal sangat banyak karena berbagai kandungan nutrisinya. Seperti yang Anda tahu, nutrisi bagi ibu hamil penting untuk diperhatikan karena bermanfaat untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Nah, ikan patin menjadi jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap sehingga baik untuk Anda konsumsi.

6 Manfaat Ikan Patin untuk Ibu Hamil 

Salah satu manfaat ikan patin untuk ibu hamil yaitu mencegah kelahiran prematur. Yuk simak lebih dalam manfaat ikan patin untuk ibu hamil di laman berikut.

1. Baik untuk Perkembangan Otak Bayi

manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Salah satu jenis ikan ini kaya akan kandungan protein. Protein yang terkandung di ikan patin sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan asupan protein dalam tubuh. Protein bisa berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh dan juga sebagai zat pembangun maupun pengatur. 

Protein menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungan. Dimana ibu hamil yang mengkonsumsi protein bisa membantu pertumbuhan jaringan janin, salah satunya otak. Protein yang dikonsumsi saat hamil akan membantu perkembangan otak menjadi sehat dan juga bisa berfungsi penuh.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh 

Di dalam ikan patin juga ditemukan asam amino esensial yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh selama masa kehamilan. Asam amino tersebut juga berguna untuk membantu menjaga kondisi asam basa tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  

Kebutuhan asam amino yang terpenuhi bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Ibu hamil yang mengalami dehidrasi tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi, mempengaruhi produksi ASI dan menyebabkan terjadinya persalinan prematur.

3. Membantu Pertumbuhan Jaringan Tubuh Ibu Hamil 

manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Manfaat selanjutnya yaitu bisa membantu pertumbuhan jaringan tubuh ibu hamil. Manfaat satu ini bisa didapatkan berkat keberadaan kandungan protein. Dimana protein bisa membantu payudara serta jaringan rahim tumbuh selama masa kehamilan.

Selain itu, protein tersebut juga berperan penting dalam meningkatkan suplai darah. Hal ini dikarenakan protein menghasilkan sejumlah sel darah dan membantu tubuh memproduksi zat besi. Zat besi menjadi nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

4. Meningkatkan Daya Ingat  

Saat sedang hamil, wanita akan cenderung memiliki masalah dengan daya ingatnya sehingga menjadi mudah lupa. Masalah ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan patin. Kenapa harus ikan patin? Karena ikan patin memiliki asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

5. Mencegah Penyakit Jantung 

manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Kandungan lain yang ditemukan pada ikan patin adalah lemak tak jenuh yang cukup banyak. dimana kandungan lemak ini berguna untuk memperlancar aliran darah dan juga menjaga kesehatan jantung. Selain itu, lemak tak jenuh tersebut bisa mencegah penyakit jantung koroner.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Ikan patin yang kaya akan protein sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu manfaat protein tersebut adalah memperkuat sistem imun sehingga daya tahan tubuh ibu hamil menjadi lebih terjaga dengan baik. Daya tahan tubuh yang baik membuat ibu hamil menjadi tidak mudah lelah. 

Demikianlah informasi tentang 6 manfaat ikan patin untuk ibu hamil. Kesimpulannya bahwa  ikan patin baik untuk dikonsumsi ibu hamil sehingga sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Anda bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kehamilan.