manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil

Siapa yang menyangka jika ternyata manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil sangat beragam dan banyak. Salah satu jenis ikan laut ini memang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi baik untuk kesehatan. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi ikan tongkol agar variasi nutrisinya tercukupi dengan baik. 

Kandungan Nutrisi Ikan Tongkol

manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ikan yang satu ini mengandung berbagai nutrisi baik. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, pada 100 gram ikan tongkol terkandung berbagai nutrisi sebagai berikut: 

  • Protein 
  • Lemak 
  • Karbohidrat 
  • Kalsium
  • Fosfor 
  • Kalium

Selain itu, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niacin, dan beta karoten juga bisa Anda temukan dalam ikan tongkol. Berbagai nutrisi inilah yang membuat manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil sangat beragam. 

Manfaat dari Ikan Tongkol untuk Kesehatan Ibu Hamil

manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil

Berikut ini adalah deretan manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil:

1. Menjaga Kadar Elektrolit dalam Tubuh

Natrium yang ada pada ikan tongkol ini dapat bantu menjaga keseimbangan cairan tubuh bahkan juga berperan penting pada fungsi saraf dan otot yang normal. Natrium menjadi penting untuk ibu hamil karena jika kekurangan zat tersebut, kita bisa kekurangan cairan, lemas, muntah, juga diare.

2. Menurunkan Risiko Kurang Darah

Tak hanya membantu ibu hamil tidak mengalami dehidrasi, ikan tongkol juga dapat meminimalisir risiko terjadinya kurang darah atau anemia. Kandungan zat besi, seperti yang kita tahu baik untuk pencegahan kondisi tersebut sekaligus berpengaruh pada tumbuh kembang janin.

3. Mendukung Pertumbuhan Janin

Telah sedikit diulas sebelumnya, bahwa manfaat ikan satu ini dapat menjadi pendukung tumbuh kembang janin. Adanya kandungan protein di dalamnya dapat berperan untuk membangun, membentuk, serta memperbaiki jaringan tubuh dan mendorong pertumbuhan sel-sel pada janin. Bahkan, kandungan ini juga memiliki peranan pada pertumbuhan plasenta, jaringan serta otak dan menghindari risiko bayi lahir dengan kelainan.

4. Bantu Menjaga Kesehatan Jantung

Hal ini karena adanya kandungan omega-3 pada ikan tongkol yang dapat menjaga kesehatan jantung dan risiko serangan jantung pun dapat diminimalisir. Tak hanya itu, kandungan ini juga memiliki peranan penting pada kesehatan juga perkembangan janin dan pembentukan organnya.

5. Menyehatkan Tulang Serta Otot

Protein tersebut juga dapat bantu menjaga kesehatan tulang dan otot di tubuh kita. Bahkan, ikan satu ini diyakini dapat membantu menguatkan dan meningkatkan massa otot, menambah daya tahan tubuh, mengikat lemak dan mempunyai peranan bagi janin dalam kandungan.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Konsumsi Ikan Tongkol 

manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil

Meski mengandung banyak nutrisi dan memiliki banyak manfaat, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi ikan tongkol terlalu banyak. Karena pada beberapa jenis ikan, termasuk tongkol, terkandung merkuri yang dapat membahayakan ibu maupun janin yang dikandungnya. 

Sebaiknya kita mengkonsumsi 1-2 kali ikan ini dalam seminggu dan porsinya tidak lebih dari 12 ons, juga pada ibu dengan Riwayat alergi sebaiknya dihindari. Pengolahannya pun harus diperhatikan, pastikan ikan dalam keadaan yang benar matang ketika dikonsumsi.

Demikian informasi mengenai manfaat ikan tongkol bagi ibu hamil. Baik ibu hamil atau bahkan yang sedang mempersiapkan kehamilannya, memperhatikan asupan yang dikonsumsi sangatlah penting. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada proses tumbuh kembang janin nantinya. Bagi yang ingin berkonsultasi dan telah lama mendambakan hadirnya sang buah hati, dapat berkonsultasi melalui morulaivf.co.id yang telah tersebar di banyak daerah di Indonesia.