manfaat ikan tuna untuk ibu hamil

Ikan tuna merupakan salah satu asupan dengan kandungan nutrisi baik dan memiliki rasa yang lezat. Tak hanya itu saja, manfaat ikan tuna untuk ibu hamil pun telah cukup banyak diperbincangkan. Seperti apa manfaatnya tersebut dan apa saja yang terkandung di dalam ikan laut yang satu ini? 

Kandungan Nutrisi Ikan Tuna

manfaat ikan tuna untuk ibu hamil

Ikan tuna menjadi satu dari berbagai jenis ikan yang dikenal kaya akan asam lemak omega-3. Dalam satu porsi ikan tuna, terkandung omega-3 sekitar 300 miligram. Selain itu, setiap 100 gram ikan ini mengandung:

  • 200 kkal energi
  • 8 gram lemak
  • 29 gram protein
  • Vitamin D
  • Vitamin A
  • Kolin, 

Tidak hanya itu, kandungan lain seperti fosfor, zat besi, zinc, magnesium, dan kalium juga bisa Anda temukan dalam ikan tuna. Inilah yang membuat nutrisi ikan tuna sangat baik untuk ibu hamil. 

Manfaat Ikan Tuna yang Bisa Dirasakan Ibu Hamil

Berikut merupakan sederet manfaat ikan tuna pada masa kehamilan, diantaranya:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

manfaat ikan tuna untuk ibu hamil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh kita, termasuk ibu hamil. Salah satu fungsi dari kandungan nutrisi ini adalah sebagai antiinflamasi yang juga berperan dalam proses penurunan tekanan darah dan tingkat trigliserida, mengurangi pembekuan darah juga detak jantung yang tidak teratur. Serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

2. Meminimalisir Bayi Lahir Prematur

Tak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 ini juga dapat mencegah kondisi bayi lahir prematur. Hal tersebut juga dipertegas pada suatu penelitian di tahun 2003 yang menyebutkan bahwa, mengonsumsi telur yang diperkaya dengan omega 3 diduga mampu mengurangi risiko persalinan prematur pada wanita.

3. Mencegah Keguguran

Manfaat ikan tuna untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah keguguran. Konsumsi ikan tuna mengandung DHA, EPA, dan omega 6 saat hamil, mampu meminimalisir atau mencegah terjadinya keguguran.

4. Baik untuk Otak Bayi

manfaat ikan tuna untuk ibu hamil

Ikan tuna juga baik untuk perkembangan bayi, tepatnya untuk kesehatan otak. Omega-3 yang ada pada ikan tuna dikenal dapat bantu meningkatkan perkembangan serta pertumbuhan bayi, termasuk perkembangan otaknya.

5. Mengurangi Risiko Asma

Terdapat sebuah penelitian pada tahun 2008 yang memaparkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak ikan, termasuk tuna pada masa kehamilan dapat mengurangi risiko  asma pada sang buah hati.

6. Baik untuk Perkembangan Kognitif

Terdapat pula penelitian yang menyebutkan jika mengemukakan jika mengkonsumsi suplemen omega 3 (DHA dan EPA), pada masa atau periode kehamilan juga awal menyusui, dapat membuat anak memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi di usia 4 tahun dibanding mereka yang tidak. 

7. Kandungan Protein Tinggi

Kandungan protein yang ada pada ikan tuna terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur. Manfaat dari protein sendiri ialah mampu mengoptimalkan pembentukan rambut, kuku dan kulit bayi.

8. Mencegah Anemia

Zat besi yang juga terkandung dalam ikan tuna, seperti yang kita ketahui dapat berperan dalam pembentukan sel darah merah yang dapat mencegah kita mengalami anemia.

Ternyata karena kandungan asam lemak omega-3 itulah banyak sekali manfaat ikan tuna untuk ibu hamil. Namun, perlu diingat bahwa mengkonsumsi ikan tuna dalam masa kehamilan tetap harus dibatasi, karena ikan satu ini mengandung cukup banyak merkuri yang dapat menjadi pemicu kondisi yang berbahaya. 

Asupan nutrisi yang baik dan sehat, memang sangat diperlukan oleh ibu hamil bahkan juga pada mereka yang sedang mempersiapkan kehamilannya. Untuk konsultasi mengenai program hamil, Anda dapat segera menghubungi dokter ahli dan tenaga profesional pada laman morulaivf.co.id.