manfaat jambu air merah untuk ibu hamil

Buah jambu air merah adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat jambu air merah untuk ibu hamil salah satunya dapat mencukupi kebutuhan asupan nutrisi setiap hari. Jambu air merah memiliki manfaat yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Sesuai dengan namanya, selain rasanya enak buah ini juga mengandung banyak air sehingga dapat menghindarkan kita dari rasa haus. Pada dasarnya, jambu air merah digunakan untuk membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi karena buah ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Jambu Air Merah untuk Ibu Hamil

Jambu air merah berbentuk menyerupai lonceng dengan daging buah yang berserat. Warna buah ini bervariasi, mulai dari putih, merah muda hingga merah. Rasa jambu air cenderung manis dan lembut, sehingga bisa langsung disantap.

Jambu air mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, potasium, asam sitrat, niacin, riboflavin, copper, dan thiamin. Buah ini juga mengandung senyawa organik tumbuhan seperti jambosine, betulinic acid, dan friedel lactone.

Manfaat Jambu Air Merah untuk Ibu Hamil

Jambu air menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan yang terdapat dalam jambu air bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, bahkan sang janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini manfaat jambu air merah tersebut:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat jambu air merah untuk ibu hamil

Permasalahan ibu hamil pada umumnya adalah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa mengonsumsi jambu air karena kandungan serat makanan yang ada di dalamnya dapat mencegah sembelit dan kembung, dan menjaga kesehatan pencernaan.

2. Mengendalikan Diabetes

Perlu diketahui bahwa beberapa ibu hamil memiliki risiko untuk mengalami diabetes gestasional yaitu jenis diabetes yang secara khusus terjadi selama kehamilan. Untuk mengendalikan diabetes ini, ibu hamil bisa mengonsumsi jambu air karena senyawa organik jambosine yang terdapat di dalamnya dapat mengendalikan diabetes ini.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat jambu air merah untuk ibu hamil

Setiap orang penting untuk menjaga kesehatan jantungnya. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi jambu air karena buah ini mengandung antioksidan dan kalium yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah guna mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jambu air merah untuk ibu hamil juga bisa dirasakan untuk kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan mineral dalam jambu air mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Peran vitamin C mampu melindungi tubuh dari infeksi mikroba dan vitamin A mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain mampu untuk melindungi tubuh dari infeksi mikroba, jambu air merah yang mengandung vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga sel-sel kulit tetap sehat dan melindunginya dari kerusakan oksidatif.

6. Sumber Zat Besi

manfaat jambu air merah untuk ibu hamil

Salah satu zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi, karena zat ini membantu memproduksi lebih banyak darah, mengantar oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, menekan risiko keguguran dan mencegah kelahiran prematur. Untuk memenuhi kebutuhan zat yang satu ini, ibu hamil bisa dengan mengonsumsi jambu air.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat jambu air merah untuk ibu hamil. Buah-buahan yang satu ini bisa dikonsumsi dengan dicocol sambal kacang atau garam. Cara yang lebih praktis, bisa juga langsung dimakan begitu saja dalam kondisi segar. Semoga informasi ini bermanfaat.manfaat jambu air merah