manfaat jamur enoki untuk ibu hamil

Salah satu jenis jamur yang banyak penggemarnya adalah enoki. Umumnya, manfaat jamur enoki untuk ibu hamil dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Meski sering dikatakan tidak baik juga, ternyata jamur enoki mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan termasuk untuk ibu hamil. Apa saja manfaatnya?

5 Manfaat Jamur Enoki untuk Ibu Hamil 

1. Mengurangi Kolesterol

manfaat jamur enoki untuk ibu hamilKandungan nutrisi baik yang terdapat dalam jamur enoki membantu dalam menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat mengurangi kolesterol. Pasalnya, kadar gula yang sangat tinggi adalah pemicu kolesterol jahat meningkat dalam tubuh. 

Beberapa nutrisi baik yang ada di dalam jamur enoki di antaranya adalah vitamin D, folat, asam pantothenic, pyridoxine, thiamin, riboflavin, dan niacin. Selain itu, kadar gula yang seimbang dalam tubuh ibu hamil juga dapat meminimalisir risiko terkena diabetes gestasional yang berbahaya bagi keberlangsungan kesehatan ibu dan janin.

2. Meminimalisir Risiko Sembelit

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan sembelit. Tentu kondisi tersebut sangat tidak nyaman bagi ibu hamil. Biasanya kondisi ini terjadi ketika perut semakin membesar karena janin yang juga membesar. Untuk mengurangi risiko tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi jamur enoki yang dipercaya sebagai sumber protein, serat, dan rendah kalori.

3. Membantu Perkembangan Otak Janin

manfaat jamur enoki untuk ibu hamil

Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam linoleat yang merupakan asam esensial omega–6. Lemak tersebut tidak bisa diproduksi secara mandiri oleh tubuh. Oleh sebab itu lemak tersebut diperoleh dari makanan, salah satunya adalah jamur enoki. Ketika bayi lahir di dunia, manfaat kandungan ini bisa lebih luas yakni mampu meningkatkan konsentrasi anak, membangun sel dan sistem imun tubuh anak, serta menguatkan sistem kardiovaskular.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sangat penting bagi ibu hamil memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Ia harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya. Pasalnya, sistem imun tubuh ibu hamil lebih lemah dibanding sebelum hamil. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh adalah jamur enoki. 

Jenis jamur ini memiliki kandungan antioksidan yang berupa selenium dan ergothioneine yang bermanfaat untuk menghindarkan ibu hamil dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, sistem imun tubuh ibu hamil dapat meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi kehamilan. Selain itu, manfaat ini juga didukung oleh beberapa kandungan nutrisi baik lainnya seperti protein, mineral, vitamin, asam lemak tak jenuh, dan serat.

5. Sumber Zat Besi 

manfaat jamur enoki untuk ibu hamil

Zat besi merupakan zat yang berperan penting dalam produksi hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Ketika ibu hamil tidak kekurangan asupan zat besi, ia akan terhindar dari risiko anemia. Penyakit tersebut tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya sebab menyebabkan komplikasi gangguan kehamilan lainnya.

Itulah 5 manfaat jamur enoki untuk ibu hamil. Meskipun belum ada penelitian khusus yang mengerucutkan manfaat jamur enoki bagi ibu hamil, namun beberapa kandungan nutrisi baik dapat menumbuhkan manfaat. Masih banyak lagi manfaat yang didapat dari kandungan jamur enoki selain yang tersebut di atas seperti kandungan asam amino yang bermanfaat dalam perkembangan dan kesehatan mental janin.

Bagi ibu hamil yang tertarik untuk mengkonsumsi jamur enoki, pilihlah jamur enoki yag berkualitas baik. Jangan lupa melihat tanggal kadaluarsa. Cucilah dengan bersih sebelum memasak kemudian masaklah hingga benar-benar matang. Lebih baik hindari menyimpan jamur enoki dalam rentang waktu yang lama. Makanlah selagi segar agar manfaat dari kandungannya bekerja optimal. Selain itu, apabila Anda merasa alergi setelah mengkonsumsi jamur enoki, segera konsultasikan ke dokter.