manfaat jamur tiram untuk ibu hamil

Manfaat jamur tiram untuk ibu hamil belum banyak diketahui. Hal ini karena adanya mitos yang beredar di tengah masyarakat mengenai ibu hamil yang tidak boleh mengonsumsi jamur karena membahayakan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa jenis jamur yang justru memiliki manfaat untuk ibu hamil salah satunya jamur tiram.

Tips Aman Mengonsumsi Jamur Saat Hamil

Sebenarnya aman untuk ibu hamil mengonsumsi jamur karena jamur banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat, baik bagi ibu hamil maupun janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, rasa jamur yang sangat lezat dan gurih bisa membuat ibu hamil lebih nafsu makan. Namun, tidak semua jenis jamur boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya beberapa jenis jamur saja yang boleh atau aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa jenis jamur yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur, madu, dan jamur porcini. Berikut ini, tips yang bisa ibu hamil terapkan jika ingin mengonsumsi jamur:

  • Pilih jamur yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Pilih jamur yang masih segar.
  • Cuci bersih jamur dengan benar dan masak hingga matang.
  • Sebaiknya tidak mengonsumsi jamur kalengan atau jamur yang diasinkan karena berisiko menyebabkan keracunan.

Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalamnya juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh ibu hamil dan janinnya. Berikut ini manfaat jamur tiram untuk kesehatan ibu hamil dan janin didalam kandungan.

1. Membantu Perkembangan Otak Bayi

manfaat jamur tiram untuk ibu hamil

Jamur tiram kaya akan kandungan vitamin B, salah satunya vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), dan asam pantotenat (B5). Manfaat vitamin B bagi tubuh adalah mampu meredakan kelelahan dan mengembalikan energi. Hal ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang rentan mengalami kelelahan.

Selain itu, vitamin B1 dan B3 pada jamur tiram juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi, membantu menjaga kesehatan kulit, penglihatan, serta mengembangkan tulang dan otot bayi dalam kandungan. Kandungan vitamin B5 pada jamur tiram bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan.

2. Antioksidan untuk Meningkatkan Sistem Imunitas

Ibu hamil rentan mengalami kelelahan, oleh karena itu untuk menjaga sistem imunitasnya, ibu hamil bisa dengan mengonsumsi jamur tiram. Hal ini karena jamur tiram mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Vitamin D untuk Kesehatan Jaringan Tulang

manfaat jamur tiram untuk ibu hamil

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D akan menyebabkan mudah lelah dan mengalami sakit punggung. Untuk membantu mengatasi hal seperti ini, ibu hamil bisa mengonsumsi jamur tiram yang mengandung vitamin D yang berguna untuk kesehatan jaringan tulang.

4. Mineral untuk Asupan Oksigen

manfaat jamur tiram untuk ibu hamil

Manfaat kandungan mineral untuk tubuh adalah membantu pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, sel darah merah juga mendukung perkembangan jantung, pembuluh darah, hingga sistem saraf bayi dalam kandungan.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat jamur tiram untuk ibu hamil. Ternyata ada banyak kandungan nutrisi dalam jamur tiram yang bermanfaat untuk tubuh ibu hamil maupun si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat.