manfaat jantung pisang untuk ibu hamil

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa manfaat jantung pisang untuk ibu hamil. Sebaliknya, malah masih banyak yang bertanya apakah jantung pisang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Pisang adalah pohon yang memiliki banyak bagian yang bisa dimanfaatkan mulai dari daunnya, buahnya hingga pelepahnya.

Jantung pisang adalah calon buah yang masih muda sehingga aman dikonsumsi oleh manusia termasuk ibu hamil. Tidak heran kalau jantung pisang memiliki nutrisi yang sama baiknya dengan buah pisang. Selama ini memang di beberapa kalangan masyarakat ada pendapat yang mengatakan konsumsi jantung pisang bisa membuat bayi lahir kecil namun hal tersebut belum terbukti secara medis.

Manfaat Baik Jantung Pisang bagi Ibu Hamil

Mengkonsumsi jantung pisang akan memberikan manfaat yang sama baiknya dengan makan buah pisang. Oleh sebab itu para ibu yang sedang hamil tidak perlu ragu dan takut untuk makan jantung pisang dengan cara mengolahnya menjadi aneka sayur misalnya lodeh atau lainnya. Lalu apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan konsumsi jantung pisang tersebut? Simak jawabannya berikut ini.

1. Mengurangi Kram Perut Selama Kehamilan

manfaat jantung pisang untuk ibu hamil

Masa kehamilan adalah masa yang indah dan menyenangkan sekaligus berat karena pastinya ibu akan sering merasakan keluhan salah satunya adalah kram perut. Nah, dengan makan jantung pisang maka kram perut yang biasa terjadi selama masa kehamilan bisa dikurangi sehingga ibu menjadi lebih nyaman. Kalium dalam jantung pisang berfungsi untuk melepaskan hormon progesteron sehingga membuat aliran darah di sekitar rahim menjadi lebih lancar. Aliran darah yang lancar membantu mengurangi kram pada perut.

2. Mencegah Terjadinya Anemia

Kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah bisa berbahaya bagi ibu yang sedang hamil. Kurangnya sel darah merah di dalam tubuh membuat pasokan oksigen menjadi tidak lancar sehingga menimbulkan rasa lemas dan mudah lelah. Seorang ibu yang sedang hamil juga seharusnya tidak boleh kekurangan zat besi dalam tubuhnya. Zat besi inilah yang akan membantu pembentukan sel darah merah. Atasi masalah kekurangan zat besi yang berakibat memicu terjadinya anemia dengan konsumsi jantung pisang. Kandungan zat besi di dalam jantung pisang termasuk tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ibu hamil.

3. Meningkatkan Mood 

manfaat jantung pisang untuk ibu hamil

Mood atau suasana hati yang tidak menentu dan labil pada seorang ibu hamil merupakan hal yang wajar. Namun seringkali mood swing tersebut orang yang ada di sekitarnya ataupun si ibu itu sendiri merasa kesal. Ada cara yang cukup mudah untuk membuat mood ibu hamil meningkat menjadi lebih baik yaitu konsumsi jantung pisang. Buah pisang adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan mood karena kandungan vitamin B, vitamin C dan asam amino triptofan didalamnya. Manfaat yang sama bisa didapatkan dari jantung pisang.

4. Melancarkan Pencernaan

manfaat jantung pisang untuk ibu hamil

Masalah apalagi yang sering dialami oleh ibu hamil? Ya, masalah pada pencernaannya yang mempengaruhi BAB. Banyak ibu hamil yang mengalami kesulitan BAB atau sembelit sehingga menjadi keluhan tersendiri. Seperti kasus sembelit pada umumnya biasanya disebabkan oleh kurangnya serat yang dikonsumsi.

Makan jantung pisang bisa membantu ibu hamil terhindar dari masalah susah BAB atau sembelit karena tercukupi kebutuhan seratnya. Jantung pisang mengandung serat cukup tinggi dan sifatnya basa sehingga akan berfungsi mengurangi gas pada sistem pencernaan. Lengkapi dengan minum air putih agar pencernaan kembali normal selama masa kehamilan.

Mulai sekarang tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jantung pisang selama masa kehamilan. Manfaat jantung pisang untuk ibu hamil telah terbukti secara medis karena kandungan nutrisi didalamnya seperti protein, kalium, serat, vitamin A, B dan C, zat besi hingga kalsium.