manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil

Manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Seperti yang kita tahu, masa kehamilan memang selalu penuh dengan tantangan namun tetap membahagiakan. Kesehatan sang ibu dan janin menjadi prioritas utama. Untuk itu perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti lemon. Berbagai khasiat jeruk lemon untuk ibu hamil ada beragam yang tentunya aman dan tidak memiliki efek samping.

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang terutama ibu hamil. Nutrisi yang ada di dalam satu buah lemon sangat lengkap dan berguna bagi tubuh. Nah, untuk lebih jelasnya mari intip manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Ibu Hamil 

1. Sumber Vitamin C

manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil

Untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin pada ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi lemon ini secara rutin setiap harinya. Vitamin C pada buah ini sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Kebutuhan nutrisi pada ibu hamil 2 kali lebih banyak karena di dalam kandungan ada janin yang juga membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. 

Minum air jeruk lemon secara rutin, bisa dengan cara dicampur pada teh hangat, madu, atau jahe. Ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi ibu hamil meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting agar masa kehamilan bisa berjalan lancar sampai persalinan nanti.

2. Mengatasi Morning Sick

Mual dan muntah di awal kehamilan memang biasa terjadi pada ibu hamil. Tentu hal tersebut akan membuat bumil jadi sulit makan dan lemas. Agar bisa meringankan keluhan kehamilan yang satu ini bisa rutin mengkonsumsi jeruk lemon sehingga bisa mengembalikan nafsu makan di masa kehamilan awal.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil

Masalah pencernaan seperti diare dan sembelit juga kerap kali menghantui para ibu hamil. Banyaknya perubahan yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil bisa menimbulkan beragam keluhan termasuk masalah pencernaan ini. Manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil yang cukup membantu adalah mengatasi sembelit selama masa kehamilan. Jika masalah ini bisa diatasi, ibu hamil bisa lebih memiliki nafsu makan yang baik selama masa hamilnya.

4. Mencegah Flu

Manfaat berikutnya adalah sebagai antioksidan yang bisa mencegah flu. Sebetulnya tak hanya flu namun beragam penyakit dari virus juga bisa dicegah karena lemon ini bisa membersihkan tubuh dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Jika ibu hamil terlanjur terjangkit flu, rutin minum perasan jeruk lemon ini bisa membantu cepat pulih dan tidak akan mudah terserang flu kembali. Vitamin C yang tinggi pada lemon membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut yang membuat tubuh bisa lebih cepat sembuh dari flu serta mencegah virus flu datang lagi. 

5. Meringankan Kaki Bengkak

manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil

Kaki yang bengkak di masa kehamilan adalah hal wajar apalagi jika usia kandungan sudah banyak. Namun tentu rasanya kurang nyaman bahkan bisa sakit jika terus dibiarkan. Untuk meringankan gejala ini sebaiknya ambil 3 sendok makan air lemon lalu minum dengan air hangat, jika rutin dikonsumsi maka pembengkakan akan berkurang secara perlahan.

Itu dia beberapa manfaat jeruk lemon untuk ibu hamil. Menjaga kesehatan bagi ibu hamil sangat penting, jadi pastikan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap harinya. Lemon merupakan salah satu buah yang penting untuk masa kehamilan sehingga kesehatan ibu bisa selalu terjaga dengan baik.