manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil

Ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, karena buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Salah satu buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jeruk nipis. Walau bentuknya kecil, manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil ternyata sangat beragam. 

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil

Jeruk nipis mengandung kalium, zat besi, vitamin C, air, gula, dan asam sitrat. Vitamin C dalam jeruk nipis berperan untuk membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif. Selain itu, vitamin dan mineral yang ada di dalam jeruk nipis juga membantu ibu hamil tetap terhidrasi. Jeruk nipis juga mengandung vitamin A, B1, B2, B5, B6, dan vitamin. 

Kandungan vitamin tersebut sangat penting dalam pertumbuhan, pemeliharaan, dan nutrisi janin yang sedang berkembang. Cara mengkonsumsinya juga cukup mudah, bisa dengan dimakan langsung atau diolah menjadi es segar dengan tambahan madu atau pemanis buatan lainnya. 

Hampir semua vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam jeruk nipis memiliki manfaat untuk ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil ketika  mengkonsumsi jeruk nipis.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil

Seringkali ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Untuk mengatasi hal seperti ini, ibu hamil bisa mengkonsumsi air jeruk nipis yang berperan untuk mengontrol pergerakan usus yang sensitif, sehingga mencegah kondisi seperti sembelit dan diare. 

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Terkendali

Tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi yang cukup membahayakan, apalagi bagi ibu hamil. Bahkan kondisi ini dapat menyebabkan preeklamsia, yaitu suatu kondisi yang bisa mengancam jiwa dan dapat memaksa ibu hamil untuk melahirkan bayi secara prematur.

Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan terkendali, ibu hamil bisa mengonsumsi air jeruk nipis, karena dipercaya dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat. 

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil

Jeruk nipis menjadi salah satu buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang bisa membersihkan racun dan radikal bebas dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh ibu hamil tetap terjaga.

4. Mengurangi Pembengkakan

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh, misalnya tangan, kaki, dan pergelangan kaki. Hal ini tentu saja membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa mengkonsumsi jus jeruk nipis yang dicampur dengan jus labu pahit.

5. Membantu Pertumbuhan Tulang

manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah dapat membantu pertumbuhan tulang janin. Kalium yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki manfaat dapat membantu pertumbuhan tulang dan perkembangan otak janin selama kehamilan.

Meskipun jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, namun tetap harus dalam pengawasan dokter. Dalam hal ini, sebelum mengonsumsi jeruk nipis, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan izin.

Terutama dalam hal seberapa banyak harus mengkonsumsinya dalam sehari atau kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi jeruk nipis selama masa kehamilan. Melakukan konsultasi terlebih dahulu berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit yang memerlukan perhatian khusus terhadap makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil. Pastikan sudah memiliki izin dari dokter untuk mengkonsumsi jeruk nipis selama masa kehamilan. Cukupi nutrisi yang lainnya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi lainnya. Dengan begitu, nutrisi untuk ibu hamil tetap terpenuhi dengan seimbang.