manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil

Manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil sangat penting untuk menambah nutrisi ibu hamil dan janin didalam kandungan. Buah manis ini paling enak diolah menjadi jus buah yang segar. Jambu merah adalah salah satu buah yang memiliki aroma yang cukup khas dan kuat. Meski demikian rasanya sangat manis dan menyegarkan. Kandungan yang ada pada buah ini cukup beragam, mulai zat besi, fosfor, kalium, magnesium, berbagai vitamin, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika manfaat jus jambu merah untuk kesehatan ibu hamil sangat banyak. Untuk lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Jambu Merah Pada Bumil

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak Janin

manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan makanan yang kaya akan asam folat. Salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak pada janin. Jika kebutuhan asam folat tidak dipenuhi maka janin akan terancam mengalami cacat lahir karena pertumbuhan otaknya selama di dalam kandungan sang ibu terganggu.

Asam folat ini sangat penting sekali untuk bisa membuat perkembangan otak janin bisa maksimal sehingga tidak akan mengalami cacat saat dilahirkan. Minum satu gelas jus jambu merah bisa memberikan asam folat yang cukup tinggi untuk ibu hamil dan janinnya. Pertumbuhan otak janin pun bisa optimal.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jambu merah memang kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi jus jambu merah sesering mungkin selama masa kehamilan. Salah satu manfaat jus jambu merah untuk kesehatan ibu hamil adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa menghindarkan ibu hamil terkena penyakit selama masa hamil.

Imunitas tubuh bisa meningkat dengan mengkonsumsi jus jambu merah karena dalam jambu merah ini ada vitamin C yang tinggi dimana vitamin tersebut bagus dalam meningkatkan kekebalan atau imun tubuh. Kandungan vitamin C pada jambu merah ini lebih tinggi daripada buah lemon dan jeruk, jadi segelas jus jambu merah sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk ibu hamil.

3. Mengontrol Tekanan Darah

manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil

Ibu hamil rawan sekali terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Salah satu upaya untuk menjaga tekanan darah bisa selalu normal dan terjaga adalah meminum satu gelas jus jambu merah yang enak dan segar. Jambu merah adalah salah satu buah yang bagus dalam menjaga tekanan darah. Hal ini karena adanya kandungan potassium dan kalium yang memang fungsinya untuk menormalkan tekanan darah.

Jika rutin mengkonsumsi jus jambu merah maka selama masa hamil, bumil akan terhindar dari resiko komplikasi kehamilan yang biasa terjadi pada bumil lain. Tak hanya tekanan darah, kolesterol dalam darah juga bisa dijaga selalu normal jika mengkonsumsi jambu merah ini.

4. Menjaga Pencernaan

Ibu hamil identik dengan masalah pencernaan terutama sembelit. Ini sudah normal dan memang kerap kali dialami hampir semua ibu hamil. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya konsumsi makanan kaya serat seperti jambu merah ini. Jus jambu merah bisa membantu menjaga pencernaan selalu normal dan tidak akan mengalami gangguan seperti sembelit.

5. Menenangkan Pikiran

manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil

Jambu merah ini juga bagus sekali dalam menjaga mood ibu hamil selalu baik. Ibu hamil tidak boleh terlalu banyak pikiran apalagi stress. Jika memang stress maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi jus jambu merah. Jambu merah ini bisa memberikan rasa tenang dan meredakan stress pada ibu hamil.

Nah, itu itu dia beberapa manfaat jus jambu merah untuk ibu hamil. Jambu merah kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh sangat disarankan sekali ibu hamil mengkonsumsi buah sehat ini sebagai camilan