manfaat jus seledri untuk ibu hamil

Salah satu manfaat jus seledri untuk ibu hamil adalah menjaga perkembangan dan pertumbuhan organ-organ penting janin. Bagi Anda yang sedang hamil, maka perlu untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti jus seledri. Apalagi di trimester awal kehamilan, dimana organ-organ vital dari janin mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Maka Anda para bunda wajib untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Namun terkadang beberapa ibu hamil di trimester awal seringkali mengalami morning sickness yang mengakibatkan ibu hamil menjadi susah makan sehingga dikhawatirkan kekurangan nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Dan sebagai salah satu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang lebih mudah dicerna seperti buah-buahan dan sayur yang dilembutkan seperti kombinasi jus buah dan sayur.

Manfaat Jus Seledri

Biasanya seledri digunakan untuk bahan pelengkap masakan seperti sup dan bakso. Namun nyatanya seledri bisa juga dikombinasikan dengan buah untuk menjadi jus seledri yang enak dan sehat. Sebelum dikonsumsi, ada baiknya seledri dicuci hingga bersih agar terhindar dari berbagai bakteri dan pestisida yang bisa membawa dampak bahaya pada kehamilan.  Seledri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti asam folat, vitamin A, C, K, Kalium, Sodium, hingga air dan serat.

1. Mencegah Dehidrasi

manfaat jus seledri untuk ibu hamil

Seledri dikenal sebagai sayur yang mengandung banyak air. Sedangkan biasanya ibu hamil sangat mudah mengalami dehidrasi. Karena adanya kebutuhan cairan yang meningkat selama kehamilan berlangsung. Maka seledri sangat bermanfaat untuk persediaan cairan tubuh untuk bumil.

Sangat berbahaya apabila ibu hamil mengalami dehidrasi, karena akan mengakibatkan kondisi yang serius yang bisa menjadi penyebab komplikasi seperti air ketuban yang sedikit, cacat tabung saraf pada bayi, persalinan prematur, hingga produksi ASI yang menjadi sedikit.

2. Membuat Tekanan Darah Lebih Stabil

Nyatanya ibu hamil sangat rentan terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi pada ibu hamil ini biasanya disebabkan oleh hormon ibu hamil yang sedang memuncak. Jika ibu hamil sampai mengalami hipertensi, maka hal ini akan mempengaruhi kondisi aliran darah ke plasenta. 

Kondisi ini dapat menimbulkan plasenta akan terhalangi untuk mendapatkan aliran darah yang cukup, sehingga asupan oksigen dan nutrisi ke plasenta juga akan terganggu. Maka sebagai solusinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi jus seledri secara teratur untuk menjauhkan kehamilan dari resiko masalah jantung, resiko stroke, hingga aterosklerosis akibat penumpukan kolesterol. Hebatnya lagi, seledri juga mampu melebarkan pembuluh darah hingga mengurangi hormon stres.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat jus seledri untuk ibu hamil

Pada umumnya, ibu hamil mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh akibat perubahan hormon. Sehingga dikhawatirkan saat daya tahan tubuh bumil lemah, akan mudah terserang penyakit. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga kekebalan tubuh misal dengan mengkonsumsi jus seledri. Karena seledri dipercaya kaya antioksidan, vitamin C hingga anti radang. Sehingga mampu melindungi ibu hamil dari rusaknya sel serta meningkatkan daya tahan tubuh bumil.

4. Mengurangi Sembelit

Karena seledri merupakan sayuran yang kaya akan air dan serat, sehingga seledri mampu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Terlebih serat yang sering disebut apiuman di dalam seledri mampu mengurangi gejala sakit asam lambung naik yang kerap terjadi pada bumil di trimester 1 dan trimester 3. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi jus seledri untuk meredakan keluhan naiknya asam lambung tersebut.

5. Menguatkan Sendi

manfaat jus seledri untuk ibu hamil

Saat hamil, tak heran ibu hamil kerap kali merasa pegal-pegal dan merasa kelelahan seiring pertumbuhan berat badan bayi yang semakin bertambah tiap bulannya. Seperti dilansir pada popmama.com, bahwa jika mengonsumsi seledri secara teratur dapat mempunyai manfaat sebagai diuretik alami yang bisa menghilangkan akumulasi kristal asam urat persendian. Selain itu juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meminimalkan rasa nyeri dan bengkak di sekitar persendian selama kehamilan berlangsung.

Nah, itulah 5 manfaat jus seledri untuk ibu hamil yang bisa bunda coba sendiri manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda ya bunda!