Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Selain enak, kacang almond kaya akan nutrisi yang membuatnya mempunyai segudang manfaat, termasuk untuk ibu hamil. Manfaat kacang almond untuk ibu hamil tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam. Dalam setiap 100 gram kacang almond terkandung nutrisi seperti karbohidrat (21,69 gram), protein (21,22 gram), lemak (49,42 gram), serta energi (576 kkal). 

Kacang almond juga dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin seperti A, B1, B2, B3, B6, E, K, dan beta karoten. Selain itu, kacang almond juga mempunyai kandungan logam yang berupa kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng, dan sodium. Kandungan nutrisi inilah yang membuat kacang almond menjadi salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil

Ragam Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil 

manfaat kacang almond untuk ibu hamil

Inilah berbagai manfaat baik dari kacang almond untuk ibu hamil: 

1. Membantu Perkembangan Otak dan Sistem Saraf Bayi

Asam folat merupakan senyawa yang dipercaya dapat mengurangi resiko spina bifida (cacat tabung saraf) pada janin. Anda dapat mengkonsumsi kacang almond sebagai salah satu sumber asam folat alami. Dengan begitu, sistem saraf dan otak bayi dapat berkembang secara optimal.

2. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Kacang almond dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon leptin sebagai pengatur rasa kenyang sehingga hormon ghrelin (hormon pengatur rasa lapar) menurun. Oleh sebab itu, pencegahan kenaikan berat badan pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kacang almond.

3. Meningkatkan Stamina Ibu Hamil

Manfaat kacang almond yang bagus bagi ibu hamil selanjutnya adalah dapat meningkatkan stamina.  Protein berfungsi untuk membekali energi dan stamina ibu hamil. Protein pada kacang almond terbilang tinggi. Sehingga kacang almond dapat Anda konsumsi sebagai bekal energi untuk aktivitas harian dan mempersiapkan proses persalinan.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan hipertensi hingga menyebabkan pre-eklampsia. Preeklampsia adalah gangguan pada ibu hamil yang dapat membahayakan organ-organ yang lain. Kandungan kalsium pada kacang almond diyakini mampu mengontrol tekanan darah sehingga tidak akan terjadi tekanan darah tinggi.

5. Mengoptimalkan Sistem Metabolisme Tubuh

Karbohidrat dan lemak baik bisa didapatkan dari kacang almond. Kandungan tersebut membantu ibu hamil dalam mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga mencegah gangguan metabolisme pada bayi. Selain itu, kandungan karbohidrat dan lemak baik dapat mencegah kenaikan gula darah, peradangan, hingga stres oksidatif.

6. Meminimalisir Risiko Anemia

Kandungan zat besi dalam kacang almond membantu tubuh ibu hamil dalam memproduksi sel darah merah lebih banyak. Jumlah sel darah merah yang banyak dapat meminimalisir risiko anemia. Penekanan terhadap anemia sangat dibutuhkan sebab kondisi tersebut bisa menimbulkan komplikasi berbahaya pada kehamilan.

7. Melindungi Risiko Alergi dan Asma Pada Bayi Saat Dilahirkan

Penelitian dalam sebuah Journal of Allergy and Clinical Immunology menyimpulkan bahwasanya salah satu cara mencegah alergi dan asma pada bayi saat dilahirkan adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Salah satu dari kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi adalah kacang almond yang sudah jelas kandungan nutrisinya. Baik langsung dimakan maupun diolah terlebih dahulu.

8. Mengatasi Sembelit

Gejala ibu hamil yang kerap dialami adalah sembelit. Salah satu manfaat kacang almond yang lain adalah mengatasi sembelit. Kadar serat yang tinggi dalam kacang almond yang membantu mengatasi masalah ini. 

9. Memperkuat Tulang Pada Janin

Kalsium yang terkandung dalam kacang almond membantu untuk memperkuat tulang janin. Ia akan terlahir sehat dengan serapan kalsium yang cukup. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang kaya akan kalsium seperti kacang almond.

10. Menjaga Fungsi Jantung

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil yang terakhir adalah untuk menjaga fungsi jantung. Kacang almond kaya akan zat besi yang mampu menjaga fungsi jantung agar lebih kuat. Hal ini dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan gagal jantung maupun penyakit bawaan yang berhubungan dengan jantung. 

Itulah 10 manfaat kacang almond untuk ibu hamil. Meski dipercaya kaya akan manfaat bukan berarti tidak ada efek samping yang terjadi. Mengkonsumsi kacang almond secara berlebihan mempunyai beberapa efek samping yaitu meningkatkan berat badan, meningkatkan risiko bayi lahir prematur, dan reaksi alergi.

Oleh sebab itu, konsumsilah kacang almond dengan cukup dan tidak berlebihan. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum mengkonsumsi kacang almond. Dengan begitu, manfaat kacang almond untuk ibu hamil bisa tetap terserap dengan optimal dan tanpa efek samping.