manfaat kacang edamame untuk ibu hamil

Manfaat kacang edamame untuk ibu hamil sangat banyak. Kacang ini cocok dikonsumsi ibu hamil sebagai cemilan di waktu luang. Selama masa kehamilan, ibu hamil tidak diperbolehkan makan camilan sembarangan apalagi yang instan.dan hanya mengenyangkan saja. Camilan yang harus dikonsumsi ibu hamil adalah yang bergizi untuk membantu kesehatan diri dan janinnya seperti edamame. 

Manfaat Kacang Edamame untuk Ibu Hamil

Edamame adalah kacang kedelai yang masih berada di dalam polongnya. Kandungan gizi edamame sangat beragam, antara lain protein, asam folat, zat besi, kalsium, seng, vitamin A dan B. Apa saja manfaat kacang edamame untuk kesehatan ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengurangi Risiko Cacat Tabung Syaraf

manfaat kacang edamame untuk ibu hamil

Bayi dengan cacat tabung saraf mengakibatkan ketidaknormalan pertumbuhan otak bayi sehingga hal ini sangat dihindari oleh ibu hamil. Salah satu mencegah dari kondisi tersebut adalah dengan mengonsumsi kacang edamame. Jenis kacang tersebut mengandung asam folat cukup tinggi yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

2. Meminimalisir Risiko Serangan Osteoporosis

Risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang yang terjadi secara mendadak selama masa kehamilan cukup tinggi terjadi. Salah satu faktor meningkatnya serangan osteoporosis secara mendadak tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu, janin akan memulai proses pembentukan rangka ketika memasuki trimester kedua dan ketiga sehingga menambah risiko osteoporosis semakin tinggi.

Salah satu makanan yang dapat membantu Anda memberi asupan kalsium yang cukup adalah kacang edamame. Konsumsi kacang edamame secara rutin dapat memperkuat tulang sehingga mampu meminimalisir risiko osteoporosis mendadak saat hamil. Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, namun asupan kalsium yang cukup juga membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

3. Menangkal Radikal Bebas

manfaat kacang edamame untuk ibu hamil

Kacang edamame mengandung antioksidan isoflavon dan saponin yang dapat menangkal radikal bebas. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kacang edamame sebagai salah satu kacang-kacangan pelindung dari radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh maupun janin.

4. Menyehatkan Saluran Cerna dan Menjaga Berat Badan Selama Hamil

Kandungan serat dan protein yang tinggi pada kacang edamame berfungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam saluran cerna, sehingga pencernaan tidak terganggu selama masa kehamilan. Selain itu, kacang edamame yang kaya akan serat, proten, ditambah dengan antioksidan mampu menjaga berat badan agar tetap ideal. Kelebihan atau kekurangan berat badan pada ibu hamil dipercaya dapat mendatangkan penyakit atau infeksi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan ibu hamil tetap ideal adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

5. Meningkatkan Tumbuh Kembang Sel Tubuh Ibu Hamil dan Janin 

manfaat kacang edamame untuk ibu hamil

Kandungan yang juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil dalam kacang edamame adalah protein asam amino. Manfaat dari kandungan tersebut adalah dapat meningkatkan tumbuh kembang sel tubuh ibu hamil dan janin. Selain itu, asam amino tersebut juga berperan dalam pembentukan beragam organ tubuh janin menjadi lebih optimal.

Demikianlah 5 manfaat kacang edamame untuk ibu hamil yang biasanya diolah hanya dengan merebusnya. Prosesnya sangat mudah, yakni merebus kacang edamame dengan disertakan garam di dalamnya. Setelah layu, kacang edamame ditiriskan dan disajikan. 

Menikmatinya cukup dengan mengupas polongnya saja. Jangan lupa, Anda juga harus membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengolah. Jika Anda alergi terhadap kacang edamame atau ada indikasi alergi setelah mengkonsumsi kacang edamame, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Sebab tidak semua ibu hamil cocok makan semua jenis makanan meskipun makanan tersebut bergizi.