Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil memang tidak bisa dipandang remeh. Sebab, kacang hijau memang merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau baik untuk dikonsumsi, apalagi bagi ibu hamil yang membutuhkan banyak nutrisi. 

Tidak hanya itu, kacang hijau juga mudah dan bisa diolah menjadi makanan apapun. Baik diolah menjadi bubur kacang atau pun diambil sari kacangnya saja. Inilah berbagai kandungan nutrisi dan manfaat dari kacang hijau untuk ibu hamil. 

Kandungan dalam Kacang Hijau

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kacang hijau sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Hal ini tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi baik yang ada di dalamnya. Kacang hijau kaya akan protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan.

Kacang hijau mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti kalsium, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.  Kacang hijau juga mengandung mangan, magnesium, selenium, dan karbohidrat yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan berbagai nutrisi baik inilah, kacang hijau menjadi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, kacang hijau juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal ini karena nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau bermanfaat untuk perkembangan janin dan stamina ibu hamil. Berikut ini manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

1. Membantu Perkembangan Otak Bayi 

Kacang hijau banyak mengandung jenis vitamin, salah satunya adalah vitamin B. Nama lain dari vitamin B adalah thiamin yang memiliki banyak manfaat antara lain menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung pada ibu hamil dan membantu perkembangan otak bayi. 

2. Mencegah Bayi Lahir Prematur dan Berat yang Rendah

Zat besi yang terkandung dalam kacang hijau berperan untuk membantu pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, terutama pada kehamilan usia trimester kedua dan ketiga. Kandungan zat besi sangat dibutuhkan pada masa kehamilan, karena jika kekurangan zat besi maka akan meningkatkan risiko terjadinya bayi lahir dengan berat rendah, bayi lahir prematur, dan kematian bayi. Ibu hamil memerlukan zat besi lebih banyak setiap harinya yakni sekitar 25 mg.

3. Mencegah Cacat Lahir Pada Bayi 

Kacang hijau mengandung asam folat yang dapat membantu mencegah cacat lahir termasuk cacat tabung saraf, seperti spina bifida, encephalocele, dan anencephaly. Mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari akan membantu mencegah bayi terlahir dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

4. Menjaga Kekebalan Tubuh 

Kandungan vitamin C dalam kacang hijau bermanfaat untuk mengusir radikal di dalam tubuh, sehingga akan menjaga kesehatan tubuh ibu hamil tetap prima. Kesehatan tubuh merupakan hal penting yang perlu dijaga oleh ibu hamil. 

5. Mengurangi Keluhan Morning Sickness 

Biasanya, ibu hamil akan merasa mual bahkan muntah pada awal kehamilan. Umumnya, kondisi ini disebut sebagai morning sickness. Untuk mengurangi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang hijau karena kandungan vitamin B di dalamnya dapat membantu masalah pencernaan dan mengurangi mual atau muntah.

Itulah berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Mulai dari untuk perkembangan otak bayi, menjaga kekebalan tubuh, sampai mengurangi keluhan morning sickness. Meskipun kacang hijau bermanfaat bagi tubuh ibu hamil, namun tetap konsumsi makanan sehat lainnya ya. Dengan begitu, asupan nutrisi yang didapatkan ibu hamil bisa lebih seimbang.