manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil

Banyak manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Masa kehamilan perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh agar tidak sampai terjadi hal buruk yang tidak diinginkan baik pada sang ibu dan juga janinnya. Kacang kedelai adalah salah satu minuman yang wajib dikonsumsi ibu hamil karena aman dan menyehatkan sehingga masa kehamilan bisa lancar.

Manfaat Kacang kedelai Pada Ibu Hamil

Banyak orang yang mengira kacang kedelai tidak bagus untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Padahal itu masuk salah satu mitos yang belum terbukti secara medis. Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat yang diberikan kacang kedelai untuk bumil dan janinnya. Ini dia ulasannya:

1. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil

Pada kacang kedelai ternyata ada kandungan asam folat yang sangat tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin dalam kandungannya bisa berkembang secara optimal. Bahkan asam folat ini sudah harus dipenuhi kebutuhannya selama masa persiapan hamil.

Asam folat ini sangat bagus dalam membantu pertumbuhan janin, terutama pada bagian sel saraf dan otak si janin. Jika kebutuhan asam folat ini terpenuhi sejak masa persiapan sampai masa kehamilan selesai, maka janin nanti akan tumbuh sehat dan tidak akan lahir dengan cacat.

2. Sumber Vitamin

Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin. Pada kacang kedelai ada beragam vitamin yang penting untuk menjaga tubuh tetap sehat seperti vitamin A, B, dan E. Ketiga jenis vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan sel tubuh, serta kesehatan kulit.

Dengan mengkonsumsi kacang kedelai kebutuhan vitamin A, B, dan E bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga ibu hamil dan janin juga akan selalu sehat dan perkembangan janin sendiri tidak akan terganggu.

3. Sebagai Sumber Protein

manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil

Memang banyak makanan yang kaya akan protein dan salah satunya adalah kedelai. Kacang kedelai ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu makanan atau minuman sebagai sumber protein yang cukup lengkap. Protein dalam kacang kedelai ini sangat lengkap dan bagus untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Kacang kedelai ini bisa menjadi salah satu variasi sumber protein agar tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Jika ingin mendapatkan protein lengkap dalam satu jenis makanan saja, mengkonsumsi satu gelas kacang kedelai bisa menjadi solusi yang baik untuk ibu hamil.

4. Sumber Lemak Nabati

Lemak tidak semuanya jahat dan berbahaya, seperti lemak nabati. Lemak nabati justru bisa membantu melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, kacang kedelai adalah sumber lemak nabati yang baik dan bisa dikonsumsi ibu hamil dengan aman. Lemak nabati ini bisa menjadi cadangan lemak untuk janin dan juga si ibu hamil itu sendiri.

5. Kaya Karbohidrat

manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil

Selain kaya akan protein dan lemak nabati, kacang kedelai juga mengandung karbohidrat. Ini bisa memberikan energi pada ibu hamil sehingga bisa kuat melakukan berbagai aktivitas harian meski dalam kondisi berbadan dua. Tujuan menambah asupan karbohidrat untuk ibu hamil adalah mengatasi rasa lelah yang kerap kali melanda pada bumil.

Nah, itu dia manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil, Artinya mitos yang mengatakan bahwa kacang kedelai ini berbahaya untuk ibu hamil tidak dapat dijadikan patokan ya.