manfaat kacang mete untuk ibu hamil

Manfaat kacang mete untuk ibu hamil yang umum diketahui adalah sumber zat besi. Namun masih banyak manfaat kacang mete untuk kesehatan ibu hamil yang perlu anda ketahui. Sebagai ibu hamil yang harus menjaga kesehatan dua orang dalam dirinya membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk membantunya. Kacang-kacangan merupakan salah satu asupan nutrisi yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti kacang mete. Banyak kandungan yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil di dalamnya.

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Sumber Zat Besi

manfaat kacang mete untuk ibu hamil

Ibu hamil rentan terkena infeksi dan penyakit karena daya tahan tubuhnya melemah jika tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Salah satu penyakit yang dapat menimpa ibu hamil adalah anemia. Penyakit tersebut disebabkan oleh kekurangan zat besi yang berperan dalam pembentukan hemoglobin. Peran hemoglobin adalah untuk mengedarkan oksigen ke sel-sel ibu hamil dan janinnya. Untuk mengatasi kekurangan zat besi, ibu hamil dapat mengonsumsi kacang mete.

2. Sumber Protein dan Lemak Baik

Lemak baik bagi ibu hamil bermanfaat untuk membantu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang otak janin dan menjaga kesehatan pembuluh darah ibu hamil dan janin. Sementara protein dapat membantu dalam membangun sel-sel baru yang merupakan pengganti dari sel-sel yang rusak. Kacang mete, mengandung protein dan lemak baik berupa lemak omega 3 dan 6. Sumber protein dan lemak baik tersebut dapat bekerja secara optimal apabila kacang mete diolah dengan dipanggang.

3. Kaya akan Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam kacang mete dapat menangkal radikal bebas. perlu diketahui bahwa radikal bebas sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin karena dapat mengancam kesehatan keduanya. Selain itu, akibat terpapar radikal bebas, ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia dan eklampsia. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan kacang mete untuk mengatasi persoalan tersebut.

4. Meminimalisir Risiko Alergi pada Bayi

manfaat kacang mete untuk ibu hamil

Mengonsumsi kacang mete diyakini mampu meminimalisir risiko alergi yang dapat menyerang bayi. Alergi tersebut bisa terjadi akibat riwayat sang ibu yang memiliki alergi. Jadi, jangan ragu untuk memakan kacang mete sebagai upaya meminimalisir alergi pada bayi Anda.

5. Kaya akan Magnesium

Salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil adalah magnesium. Kandungan tersebut dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang ibu hamil dan janin. Selain itu, magnesium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, migrain, kelelahan, hingga kejang otot. Salah satu sumber magnesium terletak pada kacang mete.

6. Sumber Vitamin K

Perlu diketahui bahwa setiap hari ibu hamil membutuhkan 75 hingga 90 mcg (mikrogram) vitamin K bergantung pada usia sang ibu. Usia 19 tahun ke bawah hanya butuh 75 mcg, sementara usia ibu hamil 19 tahun ke atas butuh 90 mcg. Anda dapat mengonsumsi kacang mete untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebab dalam satu ons kacang mete mengandung 9,8 mcg vitamin K. Vitamin K diketahui bermanfaat untuk mencegah pendarahan berlebih ketika hamil atau saat proses persalinan.

7. Sebagai Sumber Tembaga Baik

Kebutuhan tembaga baik bagi ibu hamil setiap hari adalah 1 gram. Dalam satu ons jambu mete terkandung 0,6 mcg tembaga baik. Perlu diketahui bahwa manfaat tembaga baik apabila ibu hamil cukup mengonsumsinya dapat mendukung percepatan perkembangan sel darah pada janin.

8. Kaya akan Serat

manfaat kacang mete untuk ibu hamil

Seperti yang Anda ketahui bahwa kandungan serat yang cukup dapat mendukung kesehatan saluran cerna. Beberapa gangguan yang diderita ibu hamil akibat saluran cerna yang tidak lancar adalah sembelit atau diare. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti kacang mete agar terhindar dari gangguan tersebut. Selain itu, kandungan serat yang cukup juga dapat mengurangi risiko ambeien pada ibu hamil akibat terlalu sering mengejan saat buang air besar.

Itulah beberapa manfaat kacang mete untuk ibu hamil. Hal yang perlu dicatat adalah seyogyanya mengonsumsi kacang mete panggang bukan goreng. Kacang mete goreng akan menghilangkan banyak kandungan didalamnya akibat terkena lemak jahat dari minyak goreng.