manfaat kayu manis untuk ibu hamil

Manfaat kayu manis untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu mengatasi peradangan. Kayu manis untuk ibu hamil juga dapat menurunkan tekanan darah. Ketika seorang wanita sedang hamil, ia dituntut untuk memberi asupan gizi yang baik untuk tubuhnya agar kesehatan diri dan janinnya terjaga. Oleh sebab itu, ibu hamil biasanya sangat berhati-hati atas segala sesuatu yang dikonsumsinya termasuk rempah-rempah sebagai campuran makanan atau minuman. Padahal banyak juga jenis rempah-rempah yang justru bermanfaat bagi ibu hamil seperti kayu manis.

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dar irisan kayu pohon cinnamomum. Baunya yang wangi dan mempunyai khas tersendiri membuat rempah satu ini kerap dijadikan sebagai penambah aroma dan rasa pada makanan atau minuman. Selain sebagai aroma, kayu manis dapat dijadikan sebagai campuran bumbu masakan yang berguna bagi kesehatan tubuh termasuk ibu hamil. Berikut ini manfaat kayu manis untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Membantu Mengatasi Peradangan

manfaat kayu manis untuk ibu hamil

Kayu manis dalam hal ini berperan sebagai antiinflamasi yang dapat membantu Anda mengatasi atau mengurangi peradangan di seluruh tubuh seperti sendi. Berat badan ibu hamil biasanya bertambah naik. Hal itu menyebabkan tekanan ekstra pada persendian yang berakibat nyeri dan bengkak.

2. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat kayu manis untuk ibu hamil

Jika Anda merupakan ibu hamil dengan kondisi tekanan darah tinggi, segera atasi agar tekanan darah turun dan kembali stabil. Hal itu untuk meminimalisir risiko penyakit yang dipengaruhi tekanan darah tinggi seperti hipertensi gestasional atau preeklampsia. Kedua penyakit yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu cara menurunkan tekanan darah yakni dengan mengonsumsi kayu manis dengan takaran yang wajar.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat kayu manis untuk ibu hamil

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang berasal dari senyawa aktif cinnamaldehyde dan berbagai senyawa lainnya. Dengan kandungan tersebut, kayu manis bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit dan infeksi.

4. Membantu Mengontrol Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional terjadi pada ibu hamil karena kadar gula darah yang semakin tinggi akibat tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup sesuai kebutuhannya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mengontrol kadar gula darah agar kembali seimbang agar tidak terjadi komplikasi lainnya. Cara untuk mencegahnya, ibu hamil dapat mengonsumsi kayu manis. Kandungan polifenol di dalam kayu manis diyakini mampu membantu dalam meningkatkan kerja insulin sehingga kadar gula terkontrol dan stabil.

Takaran Penggunaan Kayu Manis

Penggunaan kayu manis yang dimanfaatkan untuk menangani beberapa masalah kehamilan tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dalam sehari tidak boleh mengonsumsi kayu manis lebih dari 6 gram. Sementara beberapa ahli menyarankan hanya antara 2–4 gram dalam sehari. Terlepas dari manfaat yang telah disebutkan di atas, jika Anda mengonsumsi kayu manis berlebihan, maka ada beberapa efek samping negatif yang dapat Anda alami.

Salah satu efek samping dari kelebihan mengonsumsi kayu manis adalah dapat mengganggu regulasi glukosa ibu hamil selama kehamilan. Bagi ibu hamil yang akan melakukan operasi caesar, efek tersebut dapat menyebabkan masalah kadar gula selama operasi maupun setelah operasi caesar. Selain itu, berlebihan mengonsumsi kayu manis juga dapat menyebabkan nyeri ulu hati dan kembung.

Selain efek samping di atas, ibu hamil juga bisa mengalami alergi kayu manis. Hal itu ditandai dengan gatal di lidah atau area mulut, ruam kulit, hingga sesak napas. Oleh sebab itu, konsumsilah kayu manis secara wajar. Anda dapat menggunakan sebagai penguat rasa atau penambah aroma saja. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan kayu manis dalam jumlah berlebih. Itulah penjelasan lengkap manfaat kayu manis untuk ibu hamil beserta efek sampingnya.