manfaat kecipir untuk ibu hamil

Kecipir adalah salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai sayuran. Namun masih jarang yang mengetahui manfaat kecipir untuk ibu hamil. Padahal tanaman kacang-kacangan ini mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan selama masa kehamilan. Kecipir yang memiliki nama biologis Psophocarpus tetragonolobus L. adalah sejenis tanaman merambat yang bagian pucuk dan polongnya digunakan sebagai sayur. 

Panjang batang kecipir biasanya mencapai hingga 4 meter. Memiliki polong berbentuk segiempat lonjong dengan bagian tepi berbentuk gerigi. Tanaman ini tumbuh dengan baik di wilayah tropis. Kecipir memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui, terutama manfaatnya untuk ibu dan janin dalam kandungan. Sebab dalam kecipir mengandung nutrisi berupa karbohidrat, serat, protein, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan zinc yang dapat memberikan 5 manfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Mengonsumsi Kecipir dapat Memberikan 5 Manfaat Ini!

1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

manfaat kecipir untuk ibu hamil

Dalam 100 gram berat kering kecipir, mengandung vitamin C sebanyak 37 mg. Vitamin C adalah salah satu asupan penting yang harus dipenuhi secara harian oleh setiap orang, terutama untuk ibu hamil. Sebab vitamin C mengandung senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Saat masa kehamilan, seorang wanita harus mengonsumsi asupan vitamin C harian dengan jumlah cukup. Fungsinya adalah untuk memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan produksi limfosit dan fagosit yakni sel darah putih yang memiliki tugas melawan infeksi dalam tubuh. Sehingga ibu akan tetap sehat selama masa kehamilan hingga menjelang kelahiran.

2. Mengontrol Gula Darah

Kecipir juga dapat membantu mengendalikan gula darah untuk ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes. Sebab kecipir mengandung kalsium dan vitamin D yang bekerja sama untuk meningkatkan produksi hormon insulin pada pankreas. Hormon insulin inilah yang akan mengubah kelebihan gula darah sebagai cadangan energi di otot dan hati. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh pun kembali menurun dan lebih terkendali.

3. Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan

manfaat kecipir untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, seorang wanita harus benar-benar menjaga kesehatannya supaya tidak berdampak terhadap janin dalam kandungan. Salah satunya dengan mengonsumsi kecipir dengan diolah menjadi lalapan, direbus atau ditumis.

Kecipir mengandung vitamin B9 atau disebut juga asam folat. Folat adalah salah satu asupan gizi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Vitamin ini dapat larut dalam air, dan tidak mampu bertahan lama dalam tubuh. Sehingga ibu hamil harus mengonsumsi secara rutin setiap hari. Folat berperan untuk perkembangan saraf bayi, mencegah penyakit saraf pada bayi, membantu produksi DNA dan sel darah pada janin, serta memengaruhi perkembangan plasenta.

4. Mencegah Sembelit

Ibu hamil umumnya mengalami sembelit karena perubahan hormon serta adanya pembesaran uterus. Oleh karena itu ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan berserat agar sembelit bisa dicegah. Serat pada kecipir juga dapat membantu ibu hamil menjaga berat badan. Sebab serat adalah nutrisi yang sulit dicerna sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Mencegah Penyakit Jantung 

manfaat kecipir untuk ibu hamil

Banyak yang tidak tahu kecipir ternyata dapat mencegah penyakit jantung. Karena kecipir mengandung zat besi yang berperan dalam proses pembentukan hemoglobin dan sel darah merah dalam darah. Juga mengandung kalium yang dapat mencegah penyakit aterosklerosis akibat penumpukan kalsium dalam pembuluh darah. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Itulah 5 manfaat kecipir untuk ibu hamil. Meskipun memiliki banyak manfaat, disarankan mengonsumsi kecipir secukupnya dan tidak berlebihan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, melakukan konsultasi ke dokter wajib dilakukan untuk ibu hamil agar kandungan janin tetap sehat. Semoga bermanfaat.