manfaat kentang rebus untuk ibu hamil

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil sangat penting untuk menambah asupan nutrisi. Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak, karena janin yang sedang dikandungnya memerlukan nutrisi optimal perkembangannya. Kebutuhan nutrisi tersebut bisa diperolah dari makanan, minuman, bahkan suplemen.

Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi Kentang?

Kentang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang menjadi salah satu makanan pokok paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia selain nasi dan gandum. Kandungan nutrisi pada kentang memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya vitamin C, kalium, serat, serta beberapa zat phytochemical.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa kentang juga tinggi akan gula dan indeks glikemik yang dapat membuat gula darah naik dengan cepat. Sehingga, walaupun kentang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, jumlahnya tetap harus dibatasi dan tidak terlalu banyak.

Mengonsumsi kentang yang berlebih dapat menyebabkan beberapa efek samping misalnya jumlah gula dan indeks glikemik jadi cukup tinggi, menimbulkan stres oksidatif yang membuat tubuh akan mengalami hiperglikemia. Jika ibu hamil mengalami hiperglikemia, maka akan mengakibatkan diabetes gestasional.

Oleh karena itu, meskipun kentang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, tetap harus membatasinya dalam jumlah yang cukup. Selain itu, memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya dari makanan lain agar seimbang.

Manfaat Kentang Rebus untuk Ibu Hamil

Kentang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, oleh karena itulah kentang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi pada kentang tidak hanya bermanfaat untuk ibu, namun juga untuk bayi sedang dikandungnya. Ketang rebus baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka, apa saja manfaat kentang untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mencegah Cacat Tabung Saraf pada Bayi

manfaat kentang rebus untuk ibu hamil

Kentang mengandung asam folat yang tinggi yang bermanfaat untuk menumbuhkan sistem saraf pada janin. Asam folat dapat membantu menurunkan risiko cacat lahir yang berkaitan dengan otak dan saraf tulang belakang. Selain itu, mengonsumsi kentang juga bagus untuk mencegah keguguran di awal masa kehamilan.

2. Membantu Perkembangan Janin

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk janin. Kentang banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, zat besi, kalsium dan potasium. Nutrisi ini dapat membantu perkembangan janin di dalam rahim.

3. Menurunkan Asam Lambung

manfaat kentang rebus untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit asam lambung naik, maka bisa meredakannya atau menghindarinya dengan cara mengonsumsi kentang. Kentang baik untuk saluran pencernaan, apalagi kentang tersebut diolah dengan cara direbus atau dikukus. Salah satu manfaat kentang untuk ibu hamil adalah menurunkan tingkat asam lambung, mengurangi risiko GERD atau heartburn.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kentang rebus untuk ibu hamil juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena kentang mengandung potasium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni mencegah penyakit jantung.

5. Melawan Kolesterol Jahat

manfaat kentang rebus untuk ibu hamil

Manfaat kentang untuk tubuh adalah dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena kentang mengandung vitamin C dan serat. Dengan catatan, kentang tersebut diolah dengan cara yang sehat yaitu seperti dipanggang, dikukus, dan direbus.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kentang rebus untuk ibu hamil. Ternyata ada beberapa catatan untuk ibu hamil mengonsumsi kentang. Pertama, konsumsi kentang dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Kedua, pengolahannya yang sehat seperti direbus, dipanggang, atau dikukus.