manfaat kepiting untuk ibu hamil

Manfaat kepiting untuk ibu hamil ternyata sangat beragam. Makanan laut yang satu ini mempunyai kandungan vitamin yang baik akan pertumbuhan janin dalam kandungan dan juga kesehatan ibu. Kepiting tersebut juga bisa diolah menjadi berbagai cita rasa masakan yang sehat tanpa bahan dan bumbu-bumbu yang alami menyehatkan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Kepiting juga mudah dicari dan ditemukan disekitar Anda. 

Manfaat Kepiting bagi Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi ibu dan janin saat proses kehamilan memang benar-benar harus diperhatikan. Mereka harus mengonsumsi makanan sehat yang bergizi seimbang. Salah satu makanan yang sangat baik untuk ibu hamil dan kaya akan manfaat yakni kepiting. Penasaran dengan apa saja manfaatnya? Simak ulasan gamblang berikut ini.

1. Mencegah Cacat Lahir

manfaat kepiting untuk ibu hamil

Manfaat kepiting bagi ibu hamil yang pertama yakni untuk mencegah cacat lahir pada bayi yang dikandung. Hal ini bisa terjadi karena kepiting sangat kaya akan kandungan kandungan vitamin B dan juga asam folat. Selain mencegah cacat lahir, kandungan tersebut juga dapat menurunkan risiko keracunan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Tentunya, hal ini sangat penting bagi ibu yang masih hamil muda agar janin kuat dan rendah risiko keguguran.

2. Menguatkan Daya Tahan Tubuh Ibu

Daya tahan tubuh ibu hamil adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena mereka akan cenderung mudah lelah. Kandungan Omega-3 yang tinggi pada kepiting sangat baik dalam menguatkan daya tahan tubuh ibu. Di samping itu, Omega tiga juga menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Oleh sebab itu, mengonsumsi kepiting dengan diimbangi konsumsi buah serta sayuran sangatlah direkomendasikan.

3. Membantu Perbaikan Jaringan Otak yang Rusak

manfaat kepiting untuk ibu hamil

Saat hamil, semua hormon ibu akan merubah dan itu sangat berisiko terhadap semua gangguan termasuk masalah pada jaringan otak. Hal ini bisa dicegah sedini mungkin dengan mengonsumsi kepiting secara teratur. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada kepiting yakni sekitar 800 mikrogram akan dengan cepat mengatasi permasalahan ini. Di samping itu, hal ini juga dapat membantu perkembangan organ tubuh janin.

4. Membentuk Organ dan Jaringan Tubuh

Manfaat kepiting untuk ibu hamil yang terakhir adalah membantu pembentukan organ dan jaringan tubuh. Kepiting kaya akan protein yang daat memenuhi kebutuhan protein ibu selama masa kehamilan. Dalam 100 gram daging kepiting terdapat kandungan 23 protein yang mana hal ini sudah lebih dari cukup dalam membentuk organ dan jaringan tubuh janin. Protein juga bermanfaat dalam menyiapkan prosuksi ASI (Air Susu Ibu), mempersiapkan tenaga ibu untuk persalinan, dan meningkatkan imun tubuh. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mengonsumsi kepiting dikala hamil.

Cara Mengolah Kepiting

manfaat kepiting untuk ibu hamil

Saat ini banyak masyarakat yang cenderung membeli kepiting dalam bentuk masakan jadi karena mereka takut tidak bisa mengolahnya sendiri di rumah. Padahal, masakan rumah sudah pasti menyehatkan karena tanpa bahan-bahan kimia tambahan. Kepiting pun juga sangat mudah dalam mengolahnya asalkan telaten dan mau belajar.

Agar bisa tersaji menjadi makanan lezat dan membuat ibu hamil lahap makan, kepiting bisa diolah menjadi kepiting saus tiram, Kepiting lada hitam, kepiting kuah, dan masih banyak lagi sesuai selera. Yang paling penting adalah pastikan untuk membersihkan kepiting sebelum dimasak agar semua kuman dan kotoran di dalamnya hilang tak bersisa.

Jika ibu paham akan manfaat kepiting untuk ibu hamil, maka mereka pasti ketagihan untuk menyantap olahan kepiting tersebut karena sudah pasti rasanya sangat nikmat. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi saat hamil agar bayi terlahir sempurna dan ibu kuat dalam menghadapi persalinan.