manfaat korset hamil

Manfaat korset hamil ternyata memiliki dampak yang besar terhadap kenyamanan ibunda. Ketika janin dalam kandungan semakin bertambah usia, tentunya perut sang ibu juga semakin membesar. Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan bumil dalam beraktivitas. Untuk itu dihadirkan sebuah inovasi dalam bentuk korset hamil. 

Korset hamil yang digunakan untuk penyangga perut bumil sebaiknya memiliki bahan yang elastis, lembut, dan mudah menyerap keringat. Pemakaian korset ini biasanya digunakan saat kehamilan berada di fase trisemester kedua dan ketiga, karena pada masa tersebut perkembangan janin akan terus meningkat dan berpengaruh pada bentuk perut sang ibu.

Manfaat Korset Hamil

Salah satu manfaat korset hamil ialah mampu menyangga rahim dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat gerakan. Yuk simak manfaat korset hamil lebih lengkapnya di sini.

1. Menahan Guncangan Ketika Beraktifitas

manfaat korset hamil

Guncangan pada ibu hamil biasanya terjadi ketika olahraga kecil ataupun ketika berkendara. Guncangan yang terlalu kencang dapat beresiko terhadap kondisi kesehatan janin. Oleh karena itu disarankan bagi bumil untuk selalu berhati – hati dalam beraktifitas dan dianjurkan untuk menggunakan korset hamil. Selain meminimalisir resiko kecelakaan pada janin, korset hamil juga bisa digunakan untuk menambah kenyamanan sang ibu.

2. Mengurangi Rasa Nyeri

Rasa nyeri merupakan hal normal yang dialami oleh setiap bumil terutama saat kehamilan pertama. Namun jika hal tersebut dirasakan terus menerus akan berakibat pada kenyamanan sang ibu. Rasa nyeri ini terjadi karena menegangnya ligamen akibat ukuran rahim semakin bertambah. Nah inovasi dari korset hamil ini dirancang untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama masa kehamilan.

3. Menopang Perut

manfaat korset hamil

Dirancangnya korset hamil ini sebenarnya memiliki tujuan utama untuk membantu bumil dalam menopang perut agar beban yang dirasakan tidak terlalu berat sehingga bumil dapat bergerak dengan nyaman.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Penggunaan korset hamil akan membantu bumil dalam memperbaiki postur tubuh pasca persalinan. Ketika digunakan dalam frekuensi yang lama, korset hamil dapat membantu penyusutan rahim akibat tekanan yang diberikan pada balutan korset tersebut, sehingga perut akan terlihat lebih kecil dan postur tubuh pun lebih bagus. Jadi bagi ibu – ibu yang menginginkan postur tubuh yang ideal setelah melahirkan hendaknya mereka memakai korset hamil.

5. Menstabilkan Panggul

manfaat korset hamil

Ketika mendekati masa HPL, bumil akan memproduksi hormon relaxin dimana hormon ini berperan dalam melembutkan ligamen dan juga tulang rawan sehingga menimbulkan pergeseran di panggul. Ligamen dan tulang rawan yang melunak ini akan mengakibatkan pergerakan panggul. Dengan pemakaian korset saat masa kehamilan mampu membantu adanya stabilisasi panggul karena korset tersebut nantinya akan menahan jaringan sehingga ligamen dan tulang berada sesuai pada posisinya.

6. Membantu Proses Pemulihan Pasca Persalinan

Setelah melahirkan, tubuh sang ibu membutuhkan waktu untuk pemulihan. Penggunaan korset hamil dapat membantu aktivitas ibunda pasca melahirkan, yakni mempernyaman otot perut dengan balutan dari korset tersebut. Tidak hanya itu, korset ini dapat membantu mengatasi adanya diastasis recti (pemisahan otot perut) sehingga nantinya celah antara otot perut dapat kembali tertutup.

Itulah 6 manfaat korset hamil untuk menunjang aktifitas sehari – hari. Perlu diingat bahwa dalam pemakaiannya harus digunakan secara hati-hati untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Dianjurkan untuk mengatur ukuran dari balutan agar tidak kekencangan sehingga aliran darah dapat berjalan dengan lancar. Perlu juga diperhatikan durasi pemakaian, alangkah lebih baik jika korset hamil tidak digunakan selama lebih dari 2-3 jam berturut-turut, biarkan selama beberapa waktu sebelum menggunakannya lagi. Selain itu, pilihlah korset hamil dengan bahan yang sesuai kriteria dan tentunya nyaman dipakai.