manfaat labu siam untuk ibu hamil

Tidak kalah dengan jenis labu lainnya, manfaat labu siam untuk ibu hamil sangat penting diketahui. Sayuran ini bisa diolah dengan cara ditumis atau direbus untuk dijadikan lalapan. Rasanya yang enak dan lezat membuat banyak orang menyukai masakan dari olahan labu siam. Labu siam juga bermanfaat untuk ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk sering mengonsumsinya. Berbagai manfaat untuk ibu hamil bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Contohnya seperti asam folat, karbohidrat, serat, antioksidan berbagai vitamin dan masih banyak lagi.

7 Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

1. Kaya Antioksidan

manfaat labu siam untuk ibu hamil

Manfaat labu siam untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk sumber antioksidan. Labu siam dikenal kaya akan kandungan antioksidan, seperti morin, myricetin, quercetin dan kaempferol. Berbagai antioksidan tersebut sangat ampuh dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel. Selain itu, labu siam juga bermanfaat untuk mengurangi risiko peradangan serta rasa stres. Sedangkan antioksidan myricetin berfungsi sebagai anti diabetes, anti kanker dan anti inflamasi.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Labu siam menjadi salah satu jenis sayuran yang rendah kalori tetapi kaya serat sehingga berguna untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa kandungan nutrisi lain yang ada di labu siam dinilai bisa mengurangi aktivitas enzim yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan bisa meningkatkan risiko terserang diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di dalam labu siam juga ditemukan kandungan berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, asam folat, potassium, magnesium dan sebagainya. Vitamin dan mineral ini merupakan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas supaya tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

manfaat labu siam untuk ibu hamil

Manfaat labu siam untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk kesehatan kehamilan. Saat wanita sedang hamil maka membutuhkan berbagai nutrisi, salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah asam folat dan vitamin B9. Asam folat ini berperan sebagai esensial dalam mencegah cacat otak, cacat pada saraf bayi serta mencegah kelahiran prematur. Maka dari itu, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asam folat dengan baik. Dalam satu hari disarankan untuk mengonsumsi asam folat sekitar 600 mcg. Di dalam labu siam itu sendiri terdapat kandungan asam folat sebanyak 200 mcg dalam satu porsinya.

5. Mencegah Sembelit

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah mencegah sembelit. Meski masalah kesehatan ini tidak akan menyebabkan komplikasi serius namun membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Mengonsumsi labu siam bisa mengatasi masalah sembelit. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki kandungan serta dan air yang sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.

6. Mencegah Anemia

Manfaat labu siam bagi ibu hamil selanjutnya adalah mencegah anemia. Anemia terjadi karena disebabkan oleh tingkat vitamin B2 dan zat besi yang rendah. Asupan nutrisi ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi labu siam karena labu siam bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

7. Menurunkan Kolesterol

manfaat labu siam untuk ibu hamil

Seseorang dengan kolesterol tinggi sangat berisiko untuk menderita penyakit jantung maupun stroke. Supaya kolesterol dalam tubuh tetap stabil maka harus mengonsumsi labu siam. Alasannya karena labu siam bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Untuk bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal, bisa mengonsumsinya dengan makanan lainnya seperti alpukat, salmon dan kacang almond.

Demikianlah informasi tentang 7 manfaat labu siam untuk ibu hamil. Kesimpulannya bahwa  aman dikonsumsi ibu hamil sehingga sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Anda bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai manfaat labu siam.