manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil

Sebagian orang memilih mandi dengan menggunakan air hangat guna merasa lebih rileks. Manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil juga ternyata sangat baik. Kondisi perubahan fisik maupun hormonal selama mengandung mungkin saja menguras banyak energi dan melelahkan. 

Nah, mandi dengan cara menggunakan air hangat dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk membuatnya merasa nyaman. Selain itu, kenali juga berbagai manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil yang akan dibahas pada uraian kali ini.

Apa Saja Manfaat Mandi Air Hangat untuk Ibu Hamil?

Inilah berbagai manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui: 

1. Melemaskan Otot

manfaat mandi air hangat untuk ibu hamilKetika mengandung, ibu hamil tentu mengalami pertambahan berat badan yang mungkin cukup signifikan. Hal tersebut juga menyebabkan otot menjadi lebih tegang. Mandi air hangat dengan cara yang dianjurkan dapat melemaskan otot sekaligus mengurangi nyeri atau keluhan kram yang biasa terjadi

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa ibu hamil mungkin mengeluhkan sulit tidur ketika malam hari, terlebih saat usia kandungan sudah semakin tua. Kembali, mandi air hangat sesuai ketentuan dapat mencegah ibu hamil mengalami insomnia dan membuat tidurnya lebih berkualitas.

3. Menyempurnakan Cairan Ketuban

manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil

Tak banyak diketahui, bahwa mandi air hangat ini dapat menyempurnakan cairan ketuban ketika hamil, yaitu dengan cara menggunakan garam Epsom sebagai alternatif saat berendam air hangat dengan efek relaksasi yang lebih maksimal.

4. Baik untuk Kulit

Mandi air hangat terlalu lama memang tak dianjurkan karena bisa memicu dehidrasi, namun jika dilakukan sesuai yang dianjurkan mandi air hangat justru dapat membawa dampak yang baik untuk kulit. Selain itu, menggunakan minyak zaitun setelah mandi dapat bantu mengunci kelembaban kulit yang rileks setelah mandi dengan air hangat tadi.

5. Meredakan Bengkak

manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil

Bengkak adalah kondisi umum yang terjadi pada ibu hamil, karena bertambahnya berat badan. Meski demikian, kondisi ini terkadang menimbulkan rasa tak nyaman. Mandi dengan air hangat dipercaya mampu mengurangi atau meredakan bengkak edema di area kaki, terutama pada area pergelangan kaki.

Meski banyak manfaatnya, ibu hamil harus memperhatikan hal ini ketika akan mandi dengan air hangat. Yaitu, suhunya tidak lebih dari 38 derajat celcius, karena dapat menyebabkan hipertermia menurunkan tekanan darah, menyebabkan pusing dan dapat menyebabkan janin mengalami kekurangan oksigen serta nutrisi, menyebabkan hernia pada bayi, gangguan proses pembentukan otak dan saraf, bahkan keguguran. Selain tidak disarankan mandi dengan air panas, ibu hamil juga baiknya tidak berendam di kolam maupun bak air panas, ataupun sauna.

Tips Mandi Air Hangat untuk Ibu Hamil

Supaya tetap merasa rileks dan mengurangi nyeri otot ketika hamil dengan cara yang lebih aman, ibu hamil bisa melakukan beberapa tips ini saat akan mandi air hangat, yaitu:

  • Perhatikan Suhu dan Durasi: Suhu tidak lebih dari 38 derajat celcius dan tidak lebih dari 10 menit
  • Hindari Mandi Busa: Berendam dengan air busa atau aromaterapi memang dapat membuat tubuh lebih rileks, namun berpotensi risiko terinfeksi jamur Candida Albicans pada vagina.
  • Berhati – Hati Saat di Kamar Mandi: Bumil harus tetap memperhatikan kondisi dan berhati-hati selama mandi supaya tidak terjadi cedera.

Demikian informasi mengenai manfaat mandi air hangat untuk ibu hamil. Pada dasarnya, mandi dengan air hangat bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil asal dilakukan dengan cara yang tepat. Bagi bumil yang ingin berkonsultasi tentang kondisi kehamilannya, atau bagi pasangan yang ingin melaksanakan program hamil yang aman, segera hubungi morula ivf.co.id.