manfaat mentimun untuk ibu hamil

Mitos menyebutkan mentimun dapat menyebabkan keguguran. Padahal manfaat mentimun untuk ibu hamil justru sangat baik bagi kesehatan. Karena mentimun mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh saat masa kehamilan. Mentimun biasanya dihidangkan sebagai pelengkap lalapan, selain itu bisa juga dijadikan bahan rujak bersama buah-buahan lainnya. Rasa buahnya yang segar karena kandungan air tinggi, memang sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan mentah. Meski begitu supaya tidak menjadi penyebab penyakit, mentimun harus dibersihkan dan dicuci secara keseluruhan sebelum dikonsumsi oleh ibu hamil.

5 Manfaat Makan Timun Saat Hamil

Adapun beberapa nutrisi yang terkandung dalam mentimun adalah folat, vitamin C, vitamin K, zat besi, serat, dan masih banyak lagi. Untuk penjelasan selengkapnya, simak khasiatnya berikut ini.

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat mentimun untuk ibu hamil

Salah satu manfaat makan timun adalah melancarkan pencernaan. Karena mentimun mengandung serat dan kadar air yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Serat berguna dalam membantu melancarkan pergerakan usus sehingga dapat pula mencegah terjadinya sembelit yang kerap dialami selama masa kehamilan.

Konsumsi makanan kaya serat seperti mentimun juga memberi manfaat lainnya seperti meningkatkan frekuensi buang air besar, menurunkan risiko diabetes, serta pre-eklampsia pada ibu hamil.

2. Menambah Asupan Cairan

Mentimun termasuk makanan yang mengandung tinggi air, yakni sebanyak 96% dari total nutrisi mentimun. Oleh karenanya sangat berkhasiat untuk menambah asupan cairan pada ibu hamil. Wanita hamil juga akan terhindar dari dehidrasi, menambah air ketuban, menghasilkan darah, hingga berfungsi untuk menambah jaringan baru. Meski begitu mentimun tidak bisa dijadikan sebagai pengganti air putih. Tetap konsumsi air putih dengan porsi yang cukup selama masa kehamilan.

3. Mendukung Perkembangan Janin

manfaat mentimun untuk ibu hamil

Banyak yang belum tahu bahwa timun juga ternyata berkhasiat untuk mendukung perkembangan janin. Hal ini disebabkan mentimun mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, B1, B2, B3, folat, potassium, zat besi, magnesium dan zinc. Terutama folat yang sangat penting untuk perkembangan bayi di trimester awal kehamilan. Folat juga dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf seperti spina bifida.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Selama masa kehamilan, seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang berdampak terhadap kondisi kulit yang tidak menentu. Diantaranya meliputi jerawat, kulit kering, noda hitam dan stretch marks. Selain diatasi dengan penggunaan skincare, tambahkan juga mentimun dalam asupan makanan. Mentimun juga bisa dijadikan masker untuk kulit wajah.

5. Menambah Kekuatan Tulang

manfaat mentimun untuk ibu hamil

Mentimun mengandung kalsium dan kalium yang dapat meningkatkan kekuatan tulang pada ibu hamil. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan detak jantung, memperbaiki jaringan sel, dan menambah kekuatan kontraksi otot.

Efek Samping Makan Timun Berlebihan

Meski mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi mentimun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, sebab akan menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin akan dialami ibu hamil apabila mengonsumsi mentimun secara berlebihan diantaranya:

  • Perut kembung dan sering mengalami sendawa.
  • Meningkatnya risiko tertular penyakit yang bersumber dari kuman, terutama bila timun tidak dicuci dengan bersih sebelum dimakan.
  • Terjadinya buang air besar yang lebih lunak.
  •  Berpotensi menjadi racun.

Itulah 5 manfaat mentimun untuk ibu hamil beserta efek sampingnya. Semoga bermanfaat.