manfaat minyak ikan untuk ibu hamil

Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil sangatlah beragam. Ketika seorang wanita tengah hamil, ia membutuhkan nutrisi dua kali lipat dibanding sebelum hamil karena harus mencukupi kebutuhan nutrisi diri dan janinnya. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil adalah lemak omega 3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Nah, lemak omega 3 ini salah satunya terkandung dalam minyak ikan. Lantas, apa saja manfaat minyak ikan untuk kesehatan ibu hamil? Simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

manfaat minyak ikan untuk ibu hamil

Manfaat minyak ikan secara umum terletak pada lemak omega 3, termasuk bagi ibu hamil. American Pregnancy Association menyatakan bahwa terdapat dua jenis kandungan paling bermanfaat pada asam lemak omega 3, yakni DHA dan EPA. DHA membantu dalam hal perkembangan otak, mata, serta sistem saraf pusat janin yang kesemuanya berpengaruh pada peningkatan kecerdasan janin hingga ia dilahirkan. Sementara EPA bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi jantung, sistem imun tubuh, dan anti-inflamasi pada ibu dan janin.

2. Menjaga Keseimbangan Zat Prostaglandin

Selain membantu perkembangan otak dan janin, kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan bermanfaat untuk membantu zat prostaglandin agar tetap terjaga keseimbangannya. Zat prostaglandin merupakan zat yang mempunyai struktur kimia seperti hormon yang berperan penting pada pengaturan tekanan dan pembekuan darah, fungsi ginjal, fungsi saraf, saluran cerna, dan produksi hormon.

Oleh sebab itu, keseimbangan zat prostaglandin dapat dicapai dengan mengonsumsi minyak ikan agar menuai manfaat meminimalisir risiko penyakit jantung dan peradangan yang berbahaya bagi ibu hamil.

3. Meminimalisir Mood Swing

manfaat minyak ikan untuk ibu hamil

Ibu hamil kerap mengalami gangguan suasana hati (mood swing) yang dapat mengganggu produktivitasnya. Untuk mencegah hal itu, ibu hamil dapat mengonsumsi minyak ikan secara rutin karena asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan juga berfungsi untuk mengurangi gangguan  depresi dan postpartum  di kehamilan berikutnya.

4. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat minyak ikan bagi ibu hamil selanjutnya adalah membantu mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi) dan preeklampsia. Situs resmi American Pregnancy Association menayangkan sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat lain dari minyak ikan, yaitu  mengurangi risiko kanker, penyakit radang usus, rheumatoid arthritis, dan lupus. Sementara  dalam situs resmi WHO juga menjelaskan bahwa minyak ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan berat badan janin, meminimalisir risiko cerebral palsy, dan depresi postpartum.

Dosis Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil

manfaat minyak ikan untuk ibu hamil

WHO menyatakan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi minyak ikan, namun tidak boleh berlebihan. Hal itu disebabkan oleh beberapa jenis ikan laut yang dapat menyimpan merkuri. Dengan begitu, produksi minyak ikan otomatis juga mengandung merkuri yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Lalu, berapa dosis yang diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil agar tetap aman? Sesuai maklumat oleh WHO, ibu hamil dapat mengonsumsi minyak ikan kurang lebih sebanyak 133 mg-3 gr setiap hari.

Itulah beragam manfaat minyak ikan untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi ibu hamil setiap hari dengan dosis yang berlaku. Kendati manfaatnya sangat banyak, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi minyak ikan yang terbuat dari ikan kod. Kandungan vitamin A pada minyak ikan kod sangat tinggi. Selain itu terdapat retinol di dalamnya. Kedua hal tersebut tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi minyak ikan, konsultasikan dahulu kepada dokter kandungan untuk mendapat saran yang terbaik.