manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan, manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil juga ternyata sangat banyak. Mari kita cari tahu tentang beragam manfaat minyak zaitun bagi ibu hamil. Sekaligus apa saja yang terkandung di dalamnya pada pembahasan kali ini.

Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil 

Dalam minyak zaitun, terkandung berbagai zat yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, vitamin E, dan juga zinc. Dengan berbagai kandungan tersebut, tidak heran apabila jenis minyak ini sangat baik untuk tubuh. Berikut sederet manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil, diantaranya:

1. Menyamarkan Stretch Mark

manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

Stretch mark tampaknya menjadi salah satu kondisi yang banyak dialami oleh ibu hamil. Adanya guratan pada bagian perut, lengan, paha atau bokong ini umum terjadi karena adanya peregangan pada kulit yang disebabkan oleh semakin bertambahnya berat badan ibu hamil. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun tersebut, dipercaya dapat bantu memudarkan atau menyamarkan stretch mark pada kulit.

2. Merawat Kulit Kering

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah untuk merawat kulit. Minyak zaitun juga dikenal baik untuk perawatan pada kulit kering. Beberapa ibu hamil mengalami kondisi kulit menjadi lebih kering yang disebabkan oleh adanya perubahan hormone, sedangkan untuk penggunaan produk skin care pada ibu hamil pun tidak boleh sembarangan. Untuk itu, minyak zaitun dapat dijadikan salah satu pilihan untuk menjaga kulit ibu hamil tetap dalam keadaan lembab.

Tak hanya pada kulit saja, minyak zaitun juga dapat melembabkan bibir ibu hamil yang kering, pecah-pecah dan sensitif. Kita bisa mengoleskannya pada bibir dengan mencampurkannya pada sedikit gula atau jus lemon.

3. Menghilangkan Kutu Rambut

manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

Ternyata, minyak zaitun juga dipercaya mampu menghilangkan kutu pada rambut. Bagi ibu hamil yang mengalaminya, bisa mencampurkan 15-20 tetes minyak esensial dengan 4 sendok makan minyak zaitun, kemudian oleskan pada kulit kepala juga rambut secara merata. 

Setelah itu, tutup kepala dengan shower cap hingga pagi hari. Lalu cuci dengan shampoo hingga bersih. Bumil dapat melakukannya tiga hari sekali hingga kepala dan rambut benar-benar terbebas dari kutu. Minyak zaitun juga dikenal luas mampu menutrisi rambut dan dapat bantu mengatasi masalah rambut lainnya, seperti rontok juga lepek.

4. Meringankan Kram Pada Kaki

Adanya kram pada kaki juga terbilang banyak dialami oleh ibu hamil. Hal tersebut dapat dipicu oleh adanya kenaikan berat badan, yang kemudian dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah. Untuk mengurangi kondisi yang cukup mengganggu ini, ibu hamil dapat menggunakan minyak zaitun sebagai minyak gosok, dengan cara mencampur 6 sendok teh minyak zaitun dengan sekitar 15 tetes minyak esensial (minyak lavender ataupun camomile). Kemudian, oleskan minyak ke kaki yang kram.

5. Mengontrol Tekanan Darah

manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang terakhir, dipercaya mampu membantu untuk mengontrol tekanan darah. Adanya lemak tak jenuh pada minyak ini dapat bantu menstabilkan tekanan darah, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga  bantu mencegah terjadinya penyakit jantung.

Itu dia berbagai manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil. Meski bermanfaat, namun akan sangat dianjurkan bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum penggunaan minyak zaitun ini. Sebab, bagi beberapa orang dapat memicu adanya iritasi. Dengan berkonsultasi pada dokter, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dengan lebih aman sesuai kondisi Anda. Pun pada para wanita yang ingin segera menimang buah hati, bisa segera berkonsultasi pada morulaivf.co.id untuk mendapat arahan serta penanganan yang tepat.