manfaat oatmeal untuk ibu hamil

Selain enak, ada banyak manfaat oatmeal untuk ibu hamil, salah satunya menjaga imunitas tubuh. Saat hamil, seorang wanita memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi sebagai penunjang kesehatan diri dan janinnya. Salah satu makanan bergizi kaya akan nutrisi adalah oatmeal. Oatmeal merupakan biji sereal utuh dari oat yang masih memiliki kulit ari. Secara umum, oat dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat.

Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil

Salah satu makanan yang kerap disarankan untuk ibu hamil adalah oatmeal. Mengapa oatmeal? Sebab mengandung berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Sumber Energi

manfaat oatmeal untuk ibu hamil

Manfaat yang pertama dari oatmeal adalah sebagai sumber energi. Hal ini didapati dari kandungan karbohidrat kompleksnya. Usus akan mencerna secara perlahan karena tipe karbohidratnya kompleks. Hal itu bermanfaat juga sebagai penunda lapar sehingga nafsu makan terkendali sesuai kebutuhan nutrisi.

Sumber energi yang tercukupi mampu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi kehamilan. Selain itu, kadar gula karbohidrat kompleks pada oatmeal sangat rendah sehingga meminimalisir risiko ibu hamil terjangkit diabetes gestasional.

2. Tinggi Kandungan Serat

Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal terbukti sangat tinggi. Ibu hamil yang kerap meengeluhkan sembelit dapat memanfaatkan oatmeal untuk mengatasinya. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk melancarkan saluran cerna sehingga terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Kaya Asam Folat 

manfaat oatmeal untuk ibu hamil

Perkembangan sistem saraf dan otak bayi tidak terlepas dari kandungan nutrisi asam folat. Salah satu sumber asam folat menurut American Pregnancy Association di Amerika Serikat adalah oatmeal. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan mengkonsumsi oatmeal sebagai makanan penunjang untuk mendukung pertumbuhan sistem saraf dan otak bayi. 

4. Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan untuk menghindarkan ibu hamil dari risiko anemia. Salah satu penyakit yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu makanan penunjang yang mengandung zat besi adalah oatmeal. 

5. Mengandung Mineral Penting dan Vitamin B 

manfaat oatmeal untuk ibu hamil

Kandungan mineral penting yang terdapat dalam oatmeal di antaranya adalah kalium, kalsium, fosfor, magnesium, selenium, mangan, dan lain-lain. Selain kandungan mineral penting tersebut, terdapat kandungan vitamin B, folat, dan asam pantotenat yang ada di dalamnya. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang janin dan meningkatkan imunitas tubuh sehingga ibu hamil dan janin lebih kuat.

6. Memiliki Kandungan Magnesium

Magnesium yang terkandung dalam oatmeal bermanfaat untuk meminimalisir risiko diabetes gestasional yang bisa terjadi pada ibu hamil. Hal itu disebabkan oleh peran magnesium yang mengatur kadar insulin dan gula dalam darah. 

Itulah berbagai manfaat dari oatmeal yang dapat digunakan ibu hamil sebagai makanan penunjang pemenuhan nutrisi. Hal yang perlu dicatat adalah tidak disarankan untuk mengonsumsi oatmeal terlalu banyak karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan usus tersumbat. Selain itu, oatmeal juga dapat menyebabkan reaksi alergi jika ibu hamil yang mengkonsumsi alergi terhadap gluten.

Ketika ibu hamil mengkonsumsi oatmeal, seyogyanya memilih jenis steel-cut oats atau rolled oats, buka oatmeal instan agar manfaat dari oatmeal lebih terasa. Selain itu, olahan oatmeal juga perlu diperhatikan agar tidak terasa hambar. Anda bisa menambahkan susu air hangat. Bisa pula ditambahkan campuran lain seperti madu, buah-buahan, atau kayu manis sebagai penambah rasa. Dengan tambahan olahan yang sehat, maka manfaat oatmeal untuk ibu hamil bisa semakin lengkap dan bermanfaat untuk kesehatan.