manfaat pepaya untuk ibu hamil

Perlu diketahui bahwa manfaat pepaya untuk ibu hamil sangat beragam. Buah dengan tekstur daging yang lembut dan cita rasa yang manis ini sangat aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Pasalnya di dalam pepaya terkandung banyak mineral dan gizi yang dapat menyehatkan ibu dan janin.

Namun pepaya yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah pepaya yang sudah benar-benar matang. Pepaya muda justru dapat memberikan dampak berbahaya bagi ibu dan janin karena terdapat getah yang bersifat alergen. Manfaat dari pepaya itu sendiri hanya bisa didapatkan dari pepaya matang. Manfaat yang sama tidak akan bisa ibu temukan di pepaya yang masih muda atau mentah.

Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

1. Dapat Mencegah Morning Sickness

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Ibu hamil trimester pertama biasanya akan mengalami mual dan muntah yang disebut dengan morning sickness. Morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Tidak hanya terjadi di pagi hari, morning sickness dapat dialami saat siang, sore, dan malam hari setiap harinya. Rasa mual dan muntah ini bisa kerap mengganggu aktivitas ibu hamil. Sehingga dengan konsumsi buah pepaya matang, dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah karena kandungan kalium pada pepaya.

2. Mencegah Dehidrasi

Mengonsumsi buah pepaya dapat membantu mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Saat hamil, seorang wanita rentan mengalami kekurangan cairan akibat morning sickness. Selain dengan konsumsi air putih, ibu hamil juga dapat mengonsumsi pepaya matang untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan buah pepaya matang mengandung banyak air, sehingga bermanfaat bagi ibu hamil yang membutuhkan asupan air lebih. Selain bermanfaat untuk ibu, air juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Saat hamil, wanita rentan mengalami masalah kesehatan pencernaan. Terutama sembelit, kembung, hingga maag. Untuk mengatasinya, maka ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan berserat yang cukup supaya pencernaan tetap sehat. Buah pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan pencernaan. Diketahui bahwa dalam setiap 100 gram daging buah pepaya mengandung 1,3 gram serat. Tak jarang pepaya dijadikan sebagai menu diet, dan manfaatnya juga baik untuk ibu hamil.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu

Selama hamil, seorang wanita harus benar-benar menjaga tubuhnya supaya tidak mudah sakit. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu adalah buah pepaya. Buah pepaya mengandung vitamin serta antioksidan yang sangat penting bagi tubuh ibu hamil. Kandungan antioksidan karotenoid dalam pepaya jauh lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya. Karotenoid itu sendiri dapat membantu meningkatkan daya imun tubuh serta mencegah timbulnya penyakit akibat infeksi bakteri virus serta radikal bebas.

5. Mengurangi Risiko Komplikasi saat Hamil

manfaat pepaya untuk ibu hamil

Komplikasi kehamilan dapat menjadi momok yang menakutkan bagi para ibu hamil. Komplikasi kehamilan yang sering terjadi adalah diabetes Gestasional, preeklampsia, bayi lahir prematur, hingga keguguran. Untuk itu ibu hamil harus memperhatikan asupan makanannya agar tidak menjadi bahaya untuk ibu dan janin.

Buah pepaya dapat menjaga ibu dari kemungkinan terjadinya komplikasi kehamilan. Meskipun rasanya manis, akan tetapi rasa manis buah pepaya adalah manis alami yang tidak akan menyebabkan gula darah tinggi saat hamil. Itulah 5 manfaat pepaya untuk ibu hamil. Manfaat ini hanya bisa didapatkan dari pepaya yang sudah benar-benar matang. Semoga bermanfaat.