manfaat pisang kepok untuk ibu hamil

Manfaat pisang kepok untuk ibu hamil sangat beragam. Pisang kepok adalah jenis pisang yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Ibu hamil sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang kepok setiap harinya. Kandungan dalam buah pisang ini sangat dibutuhkan para bumil sebab baik untuk kesehatan sang ibu dan memaksimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang kepok untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Pisang Kepok untuk Ibu Hamil 

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat pisang kepok untuk ibu hamil

Pencernaan selama masa kehamilan biasanya sering terganggu, ibu hamil banyak yang mengalami sembelit selama hamil. Untuk itu buah dan sayur perlu dikonsumsi setiap hari agar masalah sembelit bisa diatasi dan dihindari. Pisang kepok ini sangat bagus untuk mengatasi sembelit, namun juga bisa mencegah terjadinya masalah pencernaan lain seperti diare.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Sejak awal kehamilan, wanita harus memperhatikan kesehatan dan mempersiapkan tubuhnya agar bisa menjalani proses persalinan dengan lancar. Salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga dan dipersiapkan adalah tulang. Dalam pisang, kandungan kalsiumnya sangat tinggi, bagus sekali untuk menjaga kesehatan tulang wanita yang sedang hamil. Selain itu janin juga pertumbuhan tulangnya juga jadi lebih maksimal.

3. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat pisang kepok untuk kesehatan ibu hamil selanjutnya adalah menjadi penangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan dalam pisang kepok kandungan vitamin C cukup tinggi. Jika kebutuhan vitamin C selalu dipenuhi dengan baik maka sistem kekebalan tubuh bisa bekerja lebih optimal.

4. Mengatasi Morning Sickness

manfaat pisang kepok untuk ibu hamil

Pada awal trimester biasanya seorang ibu hamil akan mengalami gejala morning sick yang cukup mengganggu. Hal ini tentu akan membuat ibu hamil tidak memiliki nafsu makan dan jika dibiarkan baik ibu dan janin bisa kurang gizi dan nutrisi. Mual dan muntah bisa diatasi dengan memakan pisang kepok.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah pada ibu hamil biasanya bisa naik bisa juga turun. Untuk menormalkannya perlu makanan sehat yang bisa membantu mengontrol tekanan darah agar selalu normal. Pisang kepok bisa membantu ibu hamil untuk mengontrol tekanan darahnya selama masa kehamilan agar selalu dalam kondisi normal.

6. Sumber Asam Folat

Pisang kepok dikatakan sangat baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat penting untuk pertumbuhan janin terutama pada bagian otak dan tulang belakang. Jika asam folat untuk janin tercukupi maka cacat lahir bisa dicegah dan dihindari.

7. Sumber Energi

Dalam buah pisang kepok ada kandungan karbohidrat dan glukosa sehingga saat makan perut bisa terasa kenyang. Kedua kandungan tersebut bagus untuk tubuh ibu hamil yang mudah lelah sehingga bisa lebih bertenaga. Ibu hamil membutuhkan sumber energy ekstra agar bisa beraktivitas seperti biasa.

8. Mengatasi Anemia

manfaat pisang kepok untuk ibu hamil

Ibu hamil banyak yang terserang anemia karena asupan yang kurang tepat. Untuk bisa mencegah anemia selama masa kehamilan, bumil harus banyak memakan sayur atau buah yang mempunyai kandungan zat besi cukup tinggi. Zat besi ini penting untuk memproduksi darah dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

Itu dia beberapa manfaat pisang kepok untuk ibu hamil. Semua jenis pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi bumil karena kandungan pada buah pisang sangat bagus untuk ibu hamil dan janin. Jadikan pisang sebagai camilan sehari-hari agar tubuh bisa senantiasa sehat dan janin tumbuh dengan sempurna.