manfaat salad buah untuk ibu hamil

Manfaat salad buah untuk ibu hamil ternyata sangat banyak dan penting dikonsumsi ibu hamil. Sayangnya, sebagian besar ibu hamil di Indonesia masih belum mengetahui manfaat salad buah. Salah satu penyebabnya karena salad buah tertutupi oleh efek lain dari bahan mayonaise yang digunakan. 

Seperti yang diketahui, mayonaise memiliki kalori yang cukup tinggi, sehingga mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat mengakibatkan peningkatan berat badan berlebih pada kehamilan. Meskipun begitu, salad tanpa mayonaise ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil tanpa takut badan berlebih. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat salad buah untuk kesehatan ibu hamil dibawah ini.

Manfaat Salad Buah Bagi Kesehatan Ibu Hamil

1. Menjaga Hidrasi Tubuh dengan Baik

manfaat salad buah untuk ibu hamil

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan asupan cairan, umumnya dehidrasi ditandai dengan rasa haus yang berlebih. Memang, minum air putih masih menjadi opsi paling efektif untuk mengatasi sekaligus mencegah timbulnya dehidrasi. Namun selain itu, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi salad buah yang terkenal mengandung hidrasi tinggi. Biasanya, beberapa jenis buah-buahan berkadar air tinggi yang bisa dimasukkan dalam salad buah ialah stroberi, semangka, melon, apel, pir, dan jeruk.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pada dasarnya, mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi jalan paling efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Melansir dari laman US Department of Agriculture, kandungan serat yang terdapat pada buah-buahan dapat membantu menjaga fungsi usus manusia. Hal ini akan membantu mengurangi risiko sembelit dan divertikulosis. Sebagai alternatif, Anda dapat mencampurkan pepaya, belimbing, buah naga, pisang, nanas, mangga, dan bahkan jambu biji merah yang memang dikenal mengandung banyak serat.

3. Menjaga Tekanan Darah

manfaat salad buah untuk ibu hamil

Secara garis besar, hipertensi atau yang juga populer sebagai penyakit tekanan darah tinggi dapat menjadi sumber dari berbagai jenis penyakit kronis. Hipertensi bisa mengakibatkan terjadinya penebalan dan pengerasan arteri dinding pembuluh darah, atau aterosklerosis. Tak hanya itu, masalah kesehatan seperti gangguan fungsi ginjal hingga stroke akan terus mengintai penderita hipertensi. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk menjaga tekanan darahnya tetap normal dengan menjalankan pola makan yang sehat. Salah satunya bisa dengan mengkonsumsi salad buah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Department of Food Science and Nutrition dari University of Minnesota, buah-buahan yang mengandung potasium diklam ampuh mnejaga tekanan darah ibu hamil tetap stabil. Adapun beberapa sumber buah yang memiliki kandungan potasium tinggi ialah pisang, jeruk, melon, persik, dan buah plum.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dalam salad buah, terdapat banyak jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C. Dimana vitamin C sendiri memegang peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk perbaikan sekaligus pertumbuhan seluruh jaringan tubuh janin, membantu menyembuhkan luka, pun menjaga kesehatan gusi dan gigi. Contoh dari buah-buahan kaya vitamin C yang umum dijadikan salad buah adalah tomat, kiwi, pepaya, jambu, melon, dan jeruk.

5. Mencegah Kolesterol Tinggi

manfaat salad buah untuk ibu hamil

Merujuk pada Harvard Health Publishing, beberapa jenis buha-buahan yang mampu menurunkan tingkat kolesterol seseorang adalah jeruk, stroberi, anggur, dan apel. Yang mana buah-buahan tersebut kaya akan pektin, sejenis serat larut yang diyakini ampuh menurunkan LDL/Low Density Lipoprotein.

Demikianlah informasi mengenai manfaat salad buah untuk ibu hamil. Jika Anda tertarik untuk mendalami ilmu terkait kehamilan, membuat konsultasi, meminta saran, atau mengulik ragam mitos dan fakta tentangnya, maka https://morulaivf.co.id bisa dijadikan sebagai rujukan terbaik untuk digunakan.