manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil

Manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil memang banyak yang mencarinya. Hal ini tidak mengherankan karena sarang burung walet memang dikenal memiliki manfaat baik untuk tubuh. Air liur yang dikeluarkan dari burung walet telah berproses sedemikian rupa secara alami, bertahap, hingga akhirnya mengeras menjadi sarang burung dan bisa dikonsumsi. Lalu, apa saja manfaat dari sarang burung walet itu?

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Ibu Hamil

Sarang burung walet ini kaya akan nutrisi karena mengandung protein tinggi, kalium, zat besi, kalsium dan juga magnesium. Itulah mengapa sarang burung walet ini banyak diincar oleh para konsumen dan memiliki rentang harga yang relatif mahal, mencapai belasan juta rupiah per kilonya. 

Perlu dilakukan tahap pemasakan yang benar agar kandungannya tidak rusak. Olahan yang dihasilkan dapat berupa sup ataupun minuman, serta dapat berupa produk kosmetik. Waktu pengkonsumsian juga perlu diperhatikan, yakni dianjurkan untuk memakan saat perut belum terisi dengan harapan nutrisi akan terserap secara optimal.

Inilah beberapa manfaat dari sarang burung walet untuk ibu hamil: 

1. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil

Melalui kandungan asam sialat yang ada dalam sarang burung walet akan memacu gangliosida terbangun pada membran otak manusia, sehingga mampu menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak. Pada usia 8 minggu kehamilan adalah masa dimana janin mengalami perkembangan otak. Oleh karena itu, bumil sangat disarankan untuk mengkonsumsi sarang burung walet sebagai pendukung asupan nutrisinya. 

2. Mencegah Depresi

Mengalami gangguan depresi sangat beresiko pada ibu hamil, karena hal ini akan mempengaruhi fungsi tubuh dan berpengaruh pada janin. Untuk mencegah adanya depresi pada ibu hamil, dianjurkan mengkonsumsi sarang burung walet. Sarang burung walet mengandung fenilalanin yang dapat membantu menormalkan fungsi saraf pusat dan mengatasi gangguan pada otak seperti depresi.

3. Sumber Asam Amino

manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil

Asam amino berperan penting dalam pertumbuhan, senyawa yang ada dalam asam amino dapat membantu regenerasi sel. Nantinya fungsi asam amino ini juga akan membentuk neurotransmitter dimana fungsinya adalah mengirimkan sinyal yang ada dalam sel – sel otak.

4. Sumber Mineral

Mengkonsumsi mineral sangat baik untuk memacu perkembangan janin. Janin yang mulai berkembang semenjak trimester pertama harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang tinggi, khususnya kandungan gizi berupa mineral. 

5. Mengurangi Resiko Stretch Mark

manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil

Kebanyakan ibu hamil sering khawatir apabila muncul Stretch Mark di perutnya. Guratan yang mengalami perubahan warna hingga keabuan ini terjadi karena sedikitnya kolagen yang ada pada kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak lentur. 

Semakin tua usia kehamilan semakin besar ukuran perut dan keelastisan menjadi berkurang, sehingga muncullah stretch mark. Untuk menghindari bekas guratan yang tidak diinginkan tersebut dapat diantisipasi dengan menggunakan produk kosmetik dari sarang burung walet untuk memenuhi kadar kolagen yang ada dalam kulit.

6. Mengandung Antioksidan dan Triptofan untuk Menjaga Pertumbuhan Janin

Selama masa kehamilan, antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan ini berperan dalam menjaga kesehatan janin di dalam perut ibunda, mempertahankan kehamilan hingga masa persalinan, mengurangi resiko keguguran dan kelahiran bayi prematur. Begitu pula dengan triptofan, senyawa ini juga berperan penting dalam menjaga kondisi mood sang ibunda karena bisa meredakan ketegangan emosi.

7. Mempercepat Pemulihan Pasca Persalinan

Setelah melahirkan, ibunda pasti akan mengalami kondisi yang kurang stabil efek dari pasca persalinan. Dengan mengkonsumsi sarang burung walet yang mengandung prolin akan membantu memulihkan stamina ibunda dan juga mempercepat proses penyembuhan luka setelah melahirkan.

Jadi seperti itu tadi 7 manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil. Bagi ibunda yang sedang berada pada fase kehamilan atau pasca melahirkan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan nutrisi dari sarang burung walet. Yang perlu diingat bahwa sarang burung walet ini aman untuk dikonsumsi, namun alangkah lebih baiknya jika pengkonsumsian dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.