manfaat sawi hijau untuk ibu hamil

Manfaat sawi hijau untuk ibu hamil salah satunya sebagai sumber nutrisi. Ibu hamil sejatinya wajib memenuhi ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya berikut janin dalam kandungannya. Sawi hijau memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan ibu berikut perkembangan bayi dalam kandungannya.

Adapun beberapa asupan nutrisi wajib yang harus dipenuhi ibu hamil ialah karbohidrat kompleks, vitamin A, C, K, tembaga, serat, dan banyak lagi lainnya. Kabar baiknya, seluruh nutrisi sebagaimana disebut bisa ditemui dalam satu jenis sayur hijau yang murah dan mudah ditemukan dipasaran adalah sawi hijau. Lantas, apa sajakah manfaat kesehatan dari mengkonsumsi sawi hijau secara rutin?

Manfaat Mengkonsumsi Sawi Hijau Bagi Ibu Hamil

1. Mencegah Anemia

manfaat sawi hijau untuk ibu hamil

Sawi diyakini sebagai sumber mineral tinggi seperti kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Berdasarkan salah satu pakar kesehatan terkemuka, zat besi yang terkandung pada sawi hijau dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan.

2. Menghindari Sembelit

Sawi hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sebab, dalam setiap 1 gelas atau sekitar 56 gr sawi, terdapat 2 gram kandungan serat. Seperti yang kita ketahui, kandungan serat yang tinggi dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama sekaligus meningkatkan kondisi sistem pencernaan, sehingga risiko terjadinya sembelit pun lebih minim.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Ibu hamil pada dasarnya rentan terkena kenaikan gula darah selama masa kehamilannya. Dalam dunia medis, kondisi ini kerap kali disebut sebagai diabetes gestasional. Nah, mengkonsumsi sawi hijau secara rutin diklaim ampuh menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini dimungkinkan lantaran adanya kandungan alpha lipoic acid, alias antioksidan, yang terdapat pada sayur sawi.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat sawi hijau untuk ibu hamil

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sawi hijau kaya akan kandungan vitamin C. Dimana kandungan yang dapat larut dalam air ini memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin C dikhawatirkan akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Disamping itu, vitamin A yang ada pada sawi hijau juga turut mendukung respons imun ibu. Jenis vitamin ini akan membantu pertumbuhan sekaligus distribusi sel T yang merupakan salah jenis sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi.

5. Mencegah Asma Kambuh

Kandungan selenium dan magnesium sawi hijau yang cukup tinggi memungkinkannya memberikan manfaat anti inflamasi pada ibu hamil. Mengkonsumsi sawi hijau dalam takaran yang pas dapat membantu mencegah pilek, dada terasa sesak, serta asma ketika hamil.

6. Mengurangi Kolesterol

Vitamin B3 dan niacin pada sawi hijau digadang-gadang mampu membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh ibu hamil. 2 jenis nutrisi ini dapat memproteksi ibu dari risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Selain itu, sayur sawi juga membantu mengatur aliran darah berikut tekanan darah ibu hamil secara lebih efektif. Sebagai tambahan informasi, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol selama masa kehamilan dapat berimbas fatal bagi ibu dan janinnya.

7. Mengatasi Nyeri Otot dan Arthritis

manfaat sawi hijau untuk ibu hamil

Sifat anti inflamasi yang tercipta ketika seseorang mengkonsumsi magnesium dan selenium dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan nyeri otot selama kehamilan. 

Demikianlah beberapa manfaat sawi hijau untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Meski murah dan terkadang disepelekan, ternyata sayur hijau satu ini memiliki manfaat yang beragam ya! Jika Anda membutuhkan informasi lanjut terkait manfaat mengkonsumsi sayur-mayur, saran kehamilan, atau sekadar konsultasi dan bincang ringan bersama ahlinya, Anda dapat mengakses laman https://morulaivf.co.id sekarang juga!