manfaat sawi putih untuk ibu hamil

Manfaat sawi putih untuk ibu hamil penting diketahui. Sawi putih merupakan jenis asupan yang baik dan menyehatkan untuk tubuh ibu hamil. Selain menambah citarasa makanan, dengan mengkonsumsi sawi putih, ibu hamil juga mendapat asupan gizi yang menjadi pelengkap nutrisi disamping beragam jenis makanan lainnya. Ketika sedang dalam keadaan mengandung, nutrisi tersebut harus menjadi perhatian penting. Karena tak hanya berpengaruh pada kondisi ibu hamil saja, namun juga mempengaruhi keadaan janin yang dikandung. Ternyata, terdapat beragam manfaat sawi putih yang ternyata dikenal baik untuk kesehatan ibu serta janin dalam kandungan yang akan diulas sebagai berikut.

Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

1. Memperkuat Tulang Ibu serta Janin

manfaat sawi putih untuk ibu hamil

Manfaat dari sawi putih ini yang pertama adalah dipercaya mampu memperkuat kondisi tulang ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Hal tersebut karena jenis sayuran ini mengandung kalsium yang cukup tinggi dan dikenal baik untuk kesehatan tulang serta saraf manusia.

2. Mencegah Kanker

Dalam sayuran dengan sebutan lain napa cabbage ini terkandung beta karoten yang merupakan antioksidan dan dapat berfungsi mencegah paparan radikal bebas. Radikal bebas tersebut dapat merusak sel hingga menjadi penyebab kanker. Oleh karenanya, dengan adanya senyawa ini, tubuh ibu hamil dapat terhindar dari kanker.

3. Menurunkan Kolesterol

Sawi putih juga dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam darah ibu hamil. Pada USDA National Nutrient Database pun tercatat, dalam 100 gram sawi putih terkandung 0 mg kolesterol.

4. Mencegah Bayi Lahir dalam Keadaan Cacat

Asam folat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Pada sayuran sawi putih ini pun terkandung asam folat tersebut yang salah satu manfaatnya adalah mampu mencegah bayi lahir cacat karena kandungan tersebut dapat berperan pada pertumbuhan janin.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat sawi putih untuk ibu hamil

Pada sawi putih juga terkandung vitamin C yang banyak diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Dimana dengan mengkonsumsinya secara rutin, mampu meminimalisir tubuh terserang berbagai penyakit.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat lain dari sawi putih yang dapat dirasakan ibu hamil adalah dapat bantu mengontrol tekanan darah karena kandungan kalium yang terdapat di dalamnya.

7. Mencegah Infeksi

Tak hanya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan vitamin C pada sawi putih juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi pada ibu hamil.

8. Baik untuk Pencernaan

manfaat sawi putih untuk ibu hamil

Sawi putih juga dikenal baik untuk sistem pencernaan ibu hamil. Hal ini karena adanya kandungan serat  yang dapat meningkatkan pergerakan usus dan berperan dalam mengatasi masalah pencernaan seperti halnya sembelit.

Bagi ibu hamil tentu kesehatan adalah yang utama. Salah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seperti telah diulas sebelumnya, yang dikutip dari laman Alodokter serta motherandbaby ini, dikatakan bahwa manfaat sawi putih untuk ibu hamil sangatlah beragam, bahkan dapat dijadikan pilihan menu untuk Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan. Selain ditunjang oleh makanan yang sehat dengan gizi seimbang, Anda juga dapat bergabung bersama Klinik Morula IVF di morulaivf.co.id yang dapat membantu pasangan dalam mendapatkan buah hati yang selama ini dinantikan. Morula IVF telah tersebar di banyak daerah di Indonesia dan tentunya ditangani oleh dokter-dokter serta tenaga medis profesional juga berpengalaman.