manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil

Manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil yang umum diketahui adalah penyumbang asam folat. Asupan makanan sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi diri dan janinnya. Makanan sehat tidak harus mahal, ada juga yang terjangkau atau bahkan bisa ditemukan di lingkungan sekitar dengan mudah seperti kangkung. Kendati mudah didapati, kangkung ternyata memiliki beragam manfaat yang bisa menunjang nutrisi ibu hamil. Berikut ini manfaat sayur kangkung untuk bagi ibu hamil agar Anda tidak ragu untuk mengonsumsinya.

Manfaat Sayur Kangkung untuk Ibu Hamil 

1. Penyumbang Asam Folat

manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil

Salah satu zat yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat yang bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, kandungan ini tidak boleh dilewatkan untuk dipenuhi. Apalagi kebutuhan asam folat menjadi lebih tinggi ketika ibu sedang mengandung.

Selain itu, asam folat mempunyai peran penting untuk mendukung perkembangan tabung saraf bayi agar berkembang dengan baik. Hal tersebut dapat meminimalisir risiko bayi lahir cacat tabung saraf seperti spina bifida dan anensefalus. Spina bifida merupakan cacat yang terjadi akibat sumsum tulang belakang bayi tidak berkembang dengan baik saat masih dalam kandungan. Sementara anensefalus adalah kondisi saat otak tidak berkembang serta tengkorak tidak lengkap. Salah satu sumber asam folat berada pada kangkung. Anda bisa mengonsumsi sayur kangkung untuk memenuhi kebutuhan asam folat yang tinggi yang dibutuhkan oleh janin.

2. Mengandung Serat

Kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan ibu hamil adalah serat yang sangat baik untuk menjaga saluran cerna agar tetap lancar. Hal itu membuat ibu hamil terhindar dari gejala yang kerap terjadi saat hamil seperti sembelit serta dapat menjaga daerah panggul agar pencernaan tetap lancar sehingga perut terasa lega. Kandungan serat dapat Anda dapati pada sayuran kangkung.

3. Meningkatkan Energi

manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil

Wanita yang sedang hamil terutama di trimester pertama kerap merasa lebih cepat letih dan lemas. Hal itu disebabkan oleh perubahan hormon dari sebelum hamil hingga saat hamil. Selain itu, kekurangan zat besi juga menjadi faktor ibu hamil merasa mudah lemas karena zat besi yang dibutuhkan harus lebih banyak dari biasanya sehingga tidak sampai kekurangan darah atau anemia.

Kangkung memiliki banyak sekali kandungan gizi yang dapat menopang kebutuhan nutrusi ibu hamil sehingga dapat meningkatkan energi ibu hamil. Dengan begitu, ibu hamil tetap bisa produktif dalam aktivitas sehari-hari.

4. Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam kangkung. Vitamin A bermanfaat dalam membangun sistem kekebalan tubuh bagi ibu dan janinnya. Dalam tahapan prenatal, pengembangan sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting.

5. Membantu Proses Pertumbuhan Tulang

manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil

Kangkung memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium berperan penting dalam menguatkan tulang tubuh dan membantu proses pembentukan tulang janin. Oleh sebab itu, Anda bisa menjadikan kangkung sebagai salah satu pilihan makanan sumber kalsium untuk membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

Demikianlah manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil. Untuk mengonsumsi kangkung, Anda bisa mengolahnya menjadi tumis, kerupuk kangkung panggang, atau yang lainnya sesuai selera. Hal yang perlu diperhatikan adalah porsi sayur kangkung yang disarankan dokter atau ahli gizi. Carilah informasi mengenai kebutuhan nutrisi harian ibu hamil untuk menakar makan makanan Anda. Hal itu disebabkan bukan tidak mungkin ketika mengonsumsi makanan yang meskipun mengandung banyak gizi justru menyebabkan gangguan kesehatan karena dikonsumsi berlebihan.