manfaat sayur kol untuk ibu hamil

Memiliki cita rasa hambar dengan bentuk kurang menarik membuat banyak orang tidak mengetahui manfaat sayur kol untuk ibu hamil. Padahal, jika dikonsumsi dalam kadar pas secara teratur, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa diraih ibu dan janin yang dikandungnya. Lalu, apa sajakah manfaat itu?

Manfaat Mengkonsumsi Sayur Kol Untuk Ibu Hamil

Melansir American Pregnancy Association, dalam takaran 1 cangkir kol terdapat nutrisi esensial yang cukup tinggi. Sebut saja asam folat, zat besi, seng, kalsium, magnesium, fosfor, thiamin, kalium, sodium, karbohidrat, protein, lemak, serat, niacin, riboflavin, pyridoxine, vitamin A, B6, C, K, dan lain sebagainya. Tidak mengherankan jika kemudian sayur kol dapat memberikan manfaat kesehatan bagi ibu hamil sebagaimana berikut:

1. Meningkatkan Kesehatan DNA

manfaat sayur kol untuk ibu hamil

Pada dasarnya, sayur kol merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan asam folat. Dimana asam folat sendiri berfungsi untuk membangun DNA janin. Oleh sebab itu, mengkonsumsi sayur kol secara rutin diyakini dapat membantu melindungi bayi dari berbagai risiko kelainan bawaan seperti halnya cacat lahir tabung saraf.

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Kol juga menjadi sumber kalsium dan vitamin K yang bisa diperoleh dengan mudah di pasar secara murah. Asupan kalsium dan vitamin K yang cukup dapat membantu menguatkan tulang pada ibu selama masa kehamilannya, pun membantu membentuk tulang yang kuat pada janinnya.

3. Obat Sembelit Alami

Kol yang dikonsumsi dalam jumlah cukup bisa mencegah timbulnya sembelit pada ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, selama hamil ibu akan sering mengalami sembelit lantaran pergerakan usus yang kurang stabil. Nah, sayur kol dengan kandungan serat tinggi ini dapat mengatur pergerakan usus sehingga kemungkinan terjadinya sembelit bisa diminimalisir. Namun perlu diingat, apabila ibu sedang mengalami masalah dengan gas atau perut kembung, ada baiknya membatasi jumlah asupan kol yang masuk.

4. Mencegah Diabetes Gestasional

manfaat sayur kol untuk ibu hamil

Mengingat kol mengandung serat makanan yang cukup tinggi, kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil dapat terkelola dengan baik sehingga risiko diabetes gestasional pun bisa diturunkan.

5. Mengatasi Edema Selama Kehamilan

Secara garis besar, sayur kol berguna untuk mengeluarkan kelebihan cairan yang tersimpan di dalam tubuh. Karenanya, mengkonsumsi kol secara berkala diyakini dapat membantu mengurangi pembengkakan yang timbul selama dan setelah masa kehamilan berlalu. Ketika sedang menyusui dan payudara ibu terasa bengkak, ibu dapat menempelkan kol di sekitar payudara untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi. Usahakan untuk mengganti daunnya setelah terbasahi ASI. Ulangi prosedur ini 2 kali dalam sehari sampai pembengkakan berkurang. Konon, trik satu ini dapat meringankan rasa sakit dan tidak nyaman yang dialami ibu.

6. Menurunkan Risiko Anemia Kehamilan

Kekurangan asupan zat besi ketika sedang mengandung bisa mengakibatkan anemia. Kendati demikian, kondisi ini bisa diantisipasi jika ibu hamil mengkonsumsi sayur kol yang memang kaya akan zat besi secara rutin.

7. Rendah Kalori

manfaat sayur kol untuk ibu hamil

Secara umum, sayur kol memiliki kepadatan energi yang relatif rendah serta mempunyai kandungan nutrisi yang berlimpah. Hal ini berguna untuk mengontrol berat badan ibu hamil tanpa membahayakan janin. Berdasarkan suatu penelitian, sayur kol dapat membuat ibu hamil merasa kenyang walau memiliki kalori yang lebih rendah.

Selain beberapa poin di atas, manfaat sayur kol untuk ibu hamil lainnya ialah mencegah risiko kanker. Sayur kol, terutama kol ungu, memiliki kandungan agen anti-kanker bernama anthocyanin. Wah! Ternyata manfaat mengkonsumsi sayur kol sebagai menu sehari-hari sangatlah beragam ya! Jika Anda tertarik untuk mengulik lebih jauh informasi lain soal kehamilan, manfaat sayur kol, atau sekadar konsultasi dengan kondisi kehamilan terkini, https://morulaivf.co.id bisa jadi solusi terbaik untuk Anda coba!