manfaat sayur pakis untuk ibu hamil

Selain rasanya yang enak, banyak manfaat sayur pakis untuk ibu hamil. Sayur pakis mempunyai bentuk unik melingkar sehingga mudah dikenali. Banyak yang belum mengetahui bahkan takut untuk mengonsumsinya. Padahal jika sudah diolah seperti tumis, rasanya tidak kalah enak dengan kangkung yang juga biasa diolah menjadi tumis. Nah, sayur pakis ini mempunyai beragam manfaat melalui kandungan nutrisi didalamnya terutama vitamin A dan vitamin C.

Kandungan Sayur Pakis

  • Kalori: 40
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Potasium: 370 mg
  • Vitamin A: 80% AKG
  • Vitamin C: 50% AKG
  • Serat: 25 gram
  • Zat besi: 8%
  • Kalsium: 4%

Manfaat Sayur Pakis

1. Baik Untuk Perkembangan Janin

manfaat sayur pakis untuk ibu hamil

Sayur pakis memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan ini berperan penting dalam perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, tulang, dan mata janin yang berada dalam kandungan. Usai melahirkan, asupan vitamin A bermanfaat untuk membantu mengembalikan jaringan tubuh ibu, meminimalisir terjadinya infeksi, dan menjaga kesehatan mata sang ibu.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari sayur pakis adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit atau infeksi bagi ibu hamil.

3. Kaya Potasium

Salah satu sayuran sumber potasium adalah pakis. Kaya akan potasium membuat sayuran ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi elektrolit. Selain itu juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan mencegah kram yang sering dialami ibu hamil.

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

manfaat sayur pakis untuk ibu hamil

Zat besi yang terdapat pada sayur pakis mampu meningkatkan produksi sel darah merah pada ibu hamil. Perlu diketahui bahwa menurunnya sel darah merah membuat ibu hamil rentan terkena penyakit dan infeksi yang membahayakan bagi kesehatan diri dan janinnya

5. Menjaga Kepadatan Tulang

Kandungan dari pakis lainnya adalah mineral yang berupa mangan. Peranan mangan adalah menstimulus enzim penguat tulang sehingga membantu menjaga kepadatan tulang. Hal ini membantu untuk mencegah osteoporosis yang rentan dialami ibu hamil. Selain itu, mangan juga membantu ibu hamil dalam mengendalikan metabolisme tubuh dan keseimbangan kadar gula dalam darah.

6. Kaya Asam Lemak Omega 3

Banyak sekali manfaat dari asam lemak omega 3 bagi ibu hamil dan janin, di antaranya adalah membantu perkembangan otak janin dan mencegah kanker dan alzheimer. Sayur pakis juga kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa dikonsumsi ibu hamil sebagai makanan pendukung.

7. Baik Untuk Kesehatan Jantung

manfaat sayur pakis untuk ibu hamil

Manfaat ini diperoleh dari potasium dan niacin yang terdapat dalam sayur pakis. Jika kadar kolesterol jahat dalam darah menurun, maka ibu hamil rendah risiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung yang lain.

Itulah 7 manfaat sayur pakis untuk ibu hamil. Sayur pakis baik dikonsumsi saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Rasa sayur pakis cenderung pahit saat mentah. Oleh sebab itu, olahlah sayur pakis sampai benar-benar matang agar terhindar dari rasa pahit yang membuat lidah dan perut tidak nyaman. Jangan lupa juga cuci bersih sayur pakis agar rasa pahit benar-benar hilang. 

Meskipun banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi sayur pakis, bukan berarti sayur ini bisa mengganti pengobatan medis untuk penyakit tertentu. Jika ada gejala yang tidak biasa setelah mengonsumsi pakis, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.