manfaat selada air untuk ibu hamil

Banyak manfaat selada air untuk ibu hamil yang sangat penting. Saat fase kehamilan mengonsumsi selada air dan makanan-makanan yang bergizi seimbang wajib dilakukan. Manfaat selada air saat masa kehamilan sangat beragam, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat selada air. Artikel ini akan mengulas tuntas manfaat selada air bagi ibu hamil lengkap beserta cara mengolahnya.

Macam-Macam Manfaat Selada Air Selama Kehamilan

Mengonsumsi selada air selama proses kehamilan dipercaya akan mendatangkan banyak manfaat kesehatan khususnya untuk ibu hamil. Sebab, sayuran yang satu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan baik bagi ibu hamil maupun janin. Ini dia manfaat selada air bagi ibu hamil.

1. Memperkuat Tulang Ibu Hamil

manfaat selada air untuk ibu hamil

Selama proses kehamilan ibu akan sangat membutuhkan asupan kalsium untuk memperkuat tulang mereka. Sebenarnya hal ini bisa didapatkan dengan minum susu hamil. Akan tetapi, konsumsi susu juga harus diimbangi dengan konsumsi sayuran seperti halnya selada air. Selada banyak mengandung vitamin K untuk menjaga kepadatan tulang. Hal ini juga akan mencegah berbagai risiko timbulnya penyakit yang ada di dalam tulang.

2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

manfaat selada air untuk ibu hamil

Jika ibu sedang hamil pada trimester akhir, pastinya sudah tidak bisa lagi tidur dengan tenang. Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari selada air secara rutin. Kandungan dalam selada air akan memberikan sinyal yang baik pada saraf dan otak. Hal ini akan membuat mental ibu lebih tenang sehingga tidur pun menjadi nyaman.

3. Mencegah Kekurangan Cairan

Ketika hamil, kebutuhan cairan ibu akan semakin bertambah. Jika sampai terjadi dehidrasi, maka itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janinnya. Oleh sebab itu, mengonsumsi selada air sangat dibutuhkan dalam hal ini. Selada air memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Lebih baik lagi, mengonsumsinya harus disertai dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat selada air untuk ibu hamil

Jantung ibu hamil akan bekerja 40 kali lebih keras daripada biasanya. Agar kesehatan tetap terjaga, tentunya ibu harus mengonsumsi makanan yang dapat mengimbangi kinerja jantung tersebut secara berangsur-angsur. Salah satu makanan yang mudah didapatkan yakni selada air. Di dalamnya terdapat betakaroten dan luthein yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung serta mencegah stroke.

Cara Mengolah Selada Air Menjadi Hidangan

Kebanyakan masyarakat mengonsumsi selada air hanya dengan memakannya dalam kondisi mentah sebagai lalapan saja. Padahal, sayuran yang sangat populer ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang sehat dan lezat. Pada ibu hamil, juga sangat disarankan untuk makan selada dalam keadaan matang karena hal ini akan meningkatkan nafsu makan dan lebih aman.

Beberapa rekomendasi olahan selada air yang mudah, sehat, dan lezat yakni meliputi sup ayam telur selada air, oseng-oseng tahu selada air, tumis selada udang, tumis selada kepiting, dan bobor selada air. Tentunya semua olahan tersebut kaya akan kandungan vitamin. Saat memasak gunakan bumbu-bumbu alami saja tanpa tambahan penyedap rasa instan supaya tetap aman bagi ibu dan janin.

Demikianlah pemaparan lengkap mengenai manfaat selada air untuk ibu hamil dan juga cara mengolahnya agar menjadi makanan yang lezat. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi ibu untuk memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan juga janin dalam kandungan.