manfaat senam ibu hamil

Selain makanan bergizi, manfaat senam ibu hamil juga sama pentingnya. Bunda perlu berolahraga dan melakukan aktifitas fisik yang ringan secara teratur agar tubuh bunda tetap bugar dan terhindar dari mudahnya terserang penyakit. Selain itu karena kemungkinan tubuh bunda juga akan mengalami banyak perubahan, sehingga membuat punggung terasa sering nyeri, maka disinilah olahraga ringan seperti senam ibu hamil sangat dianjurkan untuk bumil. Lalu apa saja manfaatnya? Simak ulasannya dibawah ini.

Aturan Senam Ibu Hamil

  • Ibu hamil harus dalam keadaan kandungan yang sehat, dan dilarang melakukan senam hamil apabila mempunyai keluhan seperti gangguan asma, hipertensi, hingga sakit jantung atau paru-paru, pendarahan pada vagina, apalagi muncul bercak darah, anemia, adanya gangguan pada organ serviks, adanya riwayat kelahiran prematur pada kehamilan sebelumnya, gangguan pada plasenta dan ari-ari.
  • Senam hamil tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Umumnya hanya berlangsung selama 30 menit per sesi, dan dilakukan paling tidak 3-4 kali dalam seminggu. Namun apabila ibu hamil jarang berolahraga sebelumnya, senam hamil dapat berawal dengan gerakan yang sangat ringan selama 10-15 menit per sesinya.
  • Menghindari gerakan-gerakan ekstrem yang berbahaya dan beresiko pada janin seperti menahan nafas terlalu lama, gerakan melompat, sit-up, push-up, serta gerakan terlentang yang terlalu lama yang dapat mengakibatkan ibu hamil pusing.

Manfaat Senam Pada Ibu Hamil

1. Mengurangi Stress Selama Kehamilan 

manfaat senam ibu hamil

Selama hamil, tak heran ibu hamil seringkali merasa perubahan hormon membuatnya merasa mudah stres, mengalami suasana hati yang lebih sensitif, belum lagi banyak perasaan tak percaya diri akan perubahan bentuk tubuh. Maka dengan berolahraga ibu hamil bisa menjadi lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Ibu hamil sering merasa cepat lapar seiring pertumbuhan berat badan bayi di dalam kandungan. Hal ini biasanya membuat ibu hamil rentan sekali mengalami kelebihan berat badan sehingga dapat membawa resiko kelahiran prematur, diabetes, hingga preeklampsia. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan bukan? Maka ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan senam dengan gerakan-gerakan ringan yang membuat berat badan ibu hamil lebih stabil. 

3. Memperkuat Otot, Sendi-Sendi, Jantung Hingga Paru-Paru

manfaat senam ibu hamil

Dengan melakukan senam ringan, Anda bisa menjaga elastisitas otot dan sendi-sendi seperti otot dinding perut, otot panggul, dan otot paha bagian dalam, hal ini akan memudahkan proses persalinan karena otot dan sendi Anda tidak terasa kaku.

Kekuatan pernafasan sangat dibutuhkan dalam proses persalinan, sehingga Anda perlu melatih pernafasan Anda agar proses persalinan bisa cepat, lancar dan mengurangi resiko robeknya bagian vagina. Sehingga sehatnya jantung dan paru-paru juga sangat diperhitungkan dalam proses persalinan.

4. Mengurangi Nyeri Pada Punggung dan Tulang Belakang

Ketika hamil, Anda akan merasa sering terasa timbul pegal-pegal dan nyeri terutama pada bagian pinggang, tulang belakang, kaku di kaki. Dengan senam hamil, Anda bisa merasakan manfaatnya dengan beberapa gerakan yang mampu merelaksasikan tubuh Anda, sehingga aliran darah Anda akan terasa lebih lancar dan mampu mengurangi rasa nyeri.

5. Mengurangi Resiko Bengkak Pada Anggota Tubuh Ibu Hamil

Ketika berat badan ibu hamil terasa meningkat, tak heran telapak kaki terasa nyeri, varises, dan pembengkakan akan terjadi di bagian tubuh khususnya kaki. Maka, perlu dilakukan beberapa gerakan senam hamil yang mampu mengurangi keluhan-keluhan tersebut.

6. Memperbaiki Kualitas Tidur dan Meningkatnya Stamina 

manfaat senam ibu hamil

Ibu hamil juga akan merasa sulit tidur terlebih pada malam hari apalagi seiring bertambahnya usia kehamilan. Rasa tidak nyaman akan sering muncul terutama di trimester ketiga kehamilan karena perut semakin membesar. Senam dan gerakan-gerakan yang ringan akan menstabilkan pikiran Anda sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Bagaimana bunda? Anda bisa mencoba merasakan sendiri manfaat senam ibu hamil dengan mencoba senam dan gerakan-gerakan yang disarankan juga atas izin dokter atau bidan yang berpengalaman. Semoga bermanfaat ya bunda.