manfaat talas untuk ibu hamil

Banyak yang tidak mengetahui bahwa terdapat beragam manfaat talas untuk ibu hamil. Umbi yang berasal dari akar pohon talas ini memiliki rasa yang gurih dan lembut seperti kentang. Biasanya disajikan dengan cara direbus atau dikukus. Saat hamil, mengkonsumsi umbi talas diperbolehkan.Sebab umbi ini mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Adapun kandungan nutrisi umbi talas diantaranya karbohidrat, protein, pati, dan sedikit lemak. Umbi ini juga mengandung polysaccharide colloid yang dapat memberikan manfaat baik untuk ibu selama masa kehamilan. Tidak ada larangan untuk ibu hamil mengkonsumsi talas. Selama cara penyajiannya benar dan tidak dalam porsi berlebih. Berikut penjelasan selengkapnya.

4 Manfaat Umbi Talas untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi Sembelit

manfaat talas untuk ibu hamil

Umbi talas mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah serat. Dalam satu cangkir umbi talas yang setara dengan 132 gram talas yang sudah dimasak, mengandung serat sebanyak 6,7 gram. Serat itu sendiri bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Terutama pada ibu hamil yang sering mengalami sembelit akibat perubahan hormon dan pembesaran uterus. Dengan konsumsi serat yang cukup, masalah sembelit pada ibu hamil dapat diatasi dengan baik.

2. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak yang belum tahu bahwa umbi talas juga mengandung vitamin C yakni sebanyak 11 persen kebutuhan gizi harian. Asupan vitamin C untuk ibu hamil sangat penting. Salah satu diantaranya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Dengan konsumsi umbi talas dalam jumlah yang cukup, ibu hamil akan merasakan manfaat vitamin C yang terkandung di dalamnya, diantaranya mencegah preeklamsia, membantu perbaikan jaringan serta penyembuhan luka, dan membantu pertumbuhan gigi dan tulang bayi dalam kandungan.

3. Menjaga Keseimbangan Asam dan Basa Tubuh Manusia

Kandungan nutrisi dalam talas juga dapat menetralkan asam dalam tubuh. Sehingga mampu menjaga keseimbangan asam-basa tubuh manusia. Konsumsi talas dengan jumlah sewajarnya dapat membantu ibu hamil mencegah dan menyembuhkan kelebihan asam lambung.

4. Melindungi Kesehatan Gigi

manfaat talas untuk ibu hamil

Dalam umbi talas mengandung fosfor, zat besi, kalsium, protein, kalium, magnesium, natrium, karoten, asam nikotinat, vitamin B dan C, saponin dan masih banyak lagi. Nutrisi inilah yang memiliki fungsi untuk melindungi kesehatan gigi, seperti membersihkan serta mencegah karies gigi.

Cara Aman Mengonsumsi Umbi Talas untuk Ibu Hamil

manfaat talas untuk ibu hamil

Meski memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk ibu hamil, akan tetapi apabila cara mengonsumsinya salah bisa berakibat buruk terhadap kesehatan. Untuk itu, ketika ingin mengonsumsi umbi talas, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Talas harus dimasak sampai matang sebelum dikonsumsi. Memakan talas mentah dapat membuat mulut dan tenggorokan jadi gatal. Selain itu talas bisa saja mengandung parasit yang dapat membahayakan tubuh.
  • Kulit talas mengandung musin atau getah yang dapat menimbulkan alergi pada kulit. Sehingga saat sedang memasak talas, pastikan untuk menggunakan sarung tangan.
  • Saat mengupas kulit talas yang tebal, sebaiknya dikupas di bawah air mengalir. Dengan begitu air akan membantu menghindari rasa lengket pada tangan akibat kandungan pati.
  • Apabila kulit mengalami alergi saat bersentuhan dengan lendir talas, segera bersihkan dengan air jahe untuk mencegah gatal dan menghilangkan rasa sakit.
  • Jangan konsumsi talas yang sudah berbau dan berlendir.

Itulah penjelasan mengenai 4 manfaat talas untuk ibu hamil beserta cara aman mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.