manfaat telur bebek untuk ibu hamil

Saat sedang hamil, wanita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat seperti manfaat telur bebek untuk ibu hamil yang penting. Hal ini dilakukan supaya kebutuhan nutrisi ibu dan janin dalam kandungan bisa terpenuhi dengan baik. Nutrisi yang terpenuhi akan membantu janin berkembang dengan optimal. Salah satu kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi adalah protein, baik protein hewani maupun protein nabati. Ada banyak jenis makanan yang merupakan sumber protein hewani, salah satunya yaitu telur bebek. Selain itu, telur bebek juga memiliki kandungan vitamin B12 dan masih banyak lagi.

7 Manfaat Telur Bebek bagi Ibu Hamil

Telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsinya. Berkat kandungan nutrisi tersebut, salah satu jenis telur ini memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Yuk simak beberapa manfaat telur bebek untuk kesehatan ibu hamil di bawah ini.

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

manfaat telur bebek untuk ibu hamil

Di dalam telur bebek terdapat kandungan kolin. Dimana kandungan ini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan otak janin. Namun, jika Anda ingin merasakan manfaat satu ini dengan optimal maka disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Selain untuk membantu perkembangan otak janin juga berguna untuk mencegah cacat tabung saraf.

2. Perkembangan Janin dalam Kandungan Lebih Sehat

Seperti yang disebutkan diatas bahwasanya telur bebek menjadi salah satu sumber protein. Protein sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Oleh karena itu, saat sedang hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi telur salah satunya telur bebek.

3. Menguatkan Kemampuan Mata, Tulang dan Gigi

Manfaat telur bebek untuk kesehatan ibu hamil selanjutnya yaitu untuk menguatkan kemampuan mata, tulang dan gigi. Manfaat satu ini bisa Anda rasakan berkat kandungan vitamin A yang ada di dalam telur bebek. Kandungan vitamin A tersebut juga berguna untuk menangkal toksin dan radikal bebas. Kandungan vitamin A menjadi salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

4. Sebagai Sumber Energi

manfaat telur bebek untuk ibu hamil

Sudah bukan rahasia lagi jika kalori yang terkandung dalam telur cukup tinggi, termasuk kalori dalam telur bebek. Kalori yang terkandung dalam telur bebek bisa menjadi sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Supaya tetap sehat dan bugar, ibu hamil membutuhkan kalori sebanyak 200-300 kal per hari yang bisa didapatkan dari telur bebek.

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telur bebek juga bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil maupun janin dalam kandungannya. Manfaat satu ini bisa didapatkan karena telur bebek memiliki kandungan vitamin A dan E. Baik vitamin A maupun E sangat dibutuhkan untuk menjaga imunitas.

6. Memiliki Kandungan Kalsium Tinggi

Telur bebek yang sudah dijadikan telur asin sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan mengonsumsi telur asin akan memenuhi kebutuhan kalsium. Kebutuhan kalsium yang terpenuhi akan menurunkan risiko menderita osteoporosis, nyeri pinggang dan pegal-pegal. Selain itu, kalsium juga berguna untuk membantu pertumbuhan tulang ataupun sistem sendi janin dalam kandungan.

7. Memiliki Kandungan Zat Besi yang Cukup Tinggi

manfaat telur bebek untuk ibu hamil

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, tanpa terkecuali janin yang ada di dalam kandungan. Kebutuhan zat besi yang terpenuhi bisa menyembuhkan anemia dan memberikan energi untuk ibu hamil. Kebutuhan zat besi bisa terpenuhi dengan mengonsumsi telur asin.

Demikianlah informasi tentang 7 manfaat telur bebek untuk ibu hamil. Kesimpulannya bahwa telur bebek aman dikonsumsi ibu hamil karena memberikan banyak manfaat yang dibutuhkan ibu maupun janinnya. Anda bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai manfaat telur bebek.