manfaat telur ikan untuk ibu hamil

Bagi yang gemar mengonsumsi sushi, pasti sudah tidak asing lagi dengan telur ikan. Ternyata banyak manfaat telur ikan untuk ibu hamil. Telur ikan bentuknya bulat-bulat kecil berwarna oren, biasanya menjadi topping yang ditaruh di atas sushi. Meskipun telur ikan ukurannya kecil, namun ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Telur Ikan

Setiap telur pada jenis ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda seperti telur ikan salmon, herring, capelin, atau gurame. Namun secara garis besar, rata-rata dalam 1 sendok makan (15-30 gram) telur ikan terkandung 40 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat (<1 gram)
  • 2-3 gram lemak
  • 4-6 gram protein
  • Vitamin B12
  • 80 miligram kolin (20% dari kebutuhan harian)
  • 50 miligram magnesium (15% miligram dari kebutuhan harian)
  • 10 mikrogram selenium (20% dari kebutuhan harian)

Selain kandungan nutrisi di atas, telur ikan juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega-3 dan asam amino.

Jenis Sushi yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Pada dasarnya tidak semua sushi aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi sushi yang terbuat dari ikan dengan kadar merkuri rendah asalkan dimasak dengan matang dan benar. Berikut ini jenis-jenis sushi yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Ark Shell (Akagai, himo)
  • Abalone (Awabi)
  • Conger (Anago, hamo)
  • Kerang (Aoyagi, hamaguri, hokkigai, mirugai)
  • Sweetfish (Ayu)
  • Udang (Ebi, Shako)
  • Sandfish (Hatahata)
  • Kerang (Hotategai)
  • Cumi (Ika)
  • Salmon (Sake, Ikura)
  • Kerang (Kani)
  • Ikan pipih (Karei)
  • Gizzard Shad (Kohada)
  • Smelt Egg (Masago)
  • Ikan trout (Masu)
  • Halfbreak (Sayori)
  • Sea Bream (Tai)
  • Gurita (Tako)
  • Telur ikan terbang (Tobikko)
  • Kerang (Torigai)
  • Belut air tawar (Unagi)
  • Sea Urchin Roe (Uni)

Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Telur ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang cukup dan dimasak dengan matang dan benar. Jika pengolahannya baik, maka manfaat telur ikan untuk kesehatan ibu hamil pun dapat terasa, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

manfaat telur ikan untuk ibu hamil

Telur ikan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan saraf. Hal ini diperoleh dari asam lemak omega-3 yang terkandung dalam telur ikan, yaitu EPA, DHA, dan DPA.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan DHA dan EPA dalam telur ikan tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak, namun juga menjaga kesehatan mata pada bayi dan meningkatkan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa. Selain itu, asupan asam lemak omega-3 yang cukup juga dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit mata seperti retinopati diabetik, sindrom mata kering, dan degenerasi makula.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat telur ikan untuk ibu hamil

Telur ikan kaya akan selenium yang baik yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan kognitif akibat radikal bebas berlebih. Sehingga mengonsumsi telur ikan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Telur ikan mengandung asam lemak omega-3 yang berperan dalam mengurangi proses pembekuan darah, melebarkan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat telur ikan untuk ibu hamil

Telur ikan kaya akan protein, sehingga dapat membantu mempercepat proses menurunkan berat badan. Selain itu, telur ikan juga mengandung kalori yang relatif rendah, sehingga mengonsumsinya tidak akan menambah berat badan secara signifikan.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat telur ikan untuk ibu hamil. Sekarang ada banyak olahan telur ikan yang dimasak, sehingga ini bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi telur ikan dengan aman.