manfaat telur rebus bagi ibu hamil

Manfaat telur rebus bagi ibu hamil salah satunya untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin didalam kandungan. Telur merupakan salah satu sumber protein yang sering dipilih untuk dikonsumsi. Mulai dari balita hingga lansia bisa mengonsumsi sumber protein ini, tidak terkecuali ibu hamil. 

Bagian putih dan kuning telur kaya akan nutrisi sehingga sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya. Selain protein, telur juga mengandung kandungan nutrisi lain seperti asam folat, lemak, fosfor, kalsium, selenium, zinc, vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B6 dan masih banyak lagi.

Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil 

Berkat kandungan nutrisi dalam telur yang cukup lengkap membuatnya memiliki banyak manfaat baik untuk ibu hamil, terutama jika diolah dengan cara direbus. Salah satu manfaatnya bagi ibu hamil yaitu bisa menambah zat besi. Selain itu ada manfaat lainnya, antara lain:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

manfaat telur rebus bagi ibu hamil

Pada masa pandemi seperti saat ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangatlah dibutuhkan. Alasannya supaya tidak mudah terinfeksi bakteri ataupun virus. Kandungan nutrisi yang ada di dalam telur rebus sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membentuk komponen sistem imun yang kuat.

Di dalam telur juga terdapat kandungan selenium yang merupakan antioksidan yang memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan respons sel imun tubuh sehingga tubuh bisa melawan infeksi bakteri dan juga virus dengan baik.

2. Telur Rebus Sebagai Sumber Energi

Telur rebus sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena merupakan salah satu sumber energi. Manfaat satu ini diperoleh karena kandungan protein yang berkualitas dan juga lemak sehat. Berkat kedua kandungan nutrisi tersebut membuat ibu hamil yang mengonsumsinya merasa kenyang dan penuh energi serta lebih berstamina saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Telur rebus yang mengenyangkan, akan membuat ibu hamil menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan atau makan makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji atau minuman manis. Oleh karena itu, berat badan tidak akan naik secara drastis.

3. Mengurangi Terjadinya Risiko Preeklamsia

manfaat telur rebus bagi ibu hamil

Preeklamsia merupakan kondisi saat ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah dan adanya protein pada urine. Jika ibu hamil mengalami preeklamsia maka bisa berakibat terjadinya keracunan kehamilan. Maka dari itu, kondisi seperti ini tidak bisa dianggap remeh dan harus dicegah. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi telur rebus karena memiliki kandungan kolon yang sangat tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam beberapa kasus ibu hamil berisiko untuk terkena osteoporosis. Supaya tidak mengalami osteoporosis disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dimana telur merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang maupun gigi ibu hamil. Selain itu, juga berguna untuk menunjang kontraksi otot serta proses pembekuan darah. Kedua hal ini sangat dibutuhkan ibu hamil saat proses persalinan.

5. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

manfaat telur rebus bagi ibu hamil

Seperti yang diketahui jika wanita yang sedang hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Kebutuhan nutrisi tersebut, seperti kalsium, protein dan asam folat. Ketiga nutrisi tersebut sangat dibutuhkan karena saat sedang hamil, janin di dalam kandungan membutuhkan dukungan dalam proses tumbuh kembangnya serta menjaga kesehatan ibu hamil semalam menjalani kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang meningkat, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti telur.

Demikianlah informasi tentang manfaat telur rebus bagi ibu hamil. Kesimpulannya adalah telur rebus memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan ini selain memiliki nutrisi yang banyak juga rasanya enak. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsinya ya! Jika Anda menderita gangguan kesehatan ketika sedang hamil dan ingin mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai gangguan kesehatan yang dialami.