manfaat terong ungu untuk ibu hamil

Selain rasanya yang enak, banyak manfaat terong ungu untuk ibu hamil yang penting diketahui. Terong ungu adalah jenis sayur yang cocok sekali disantap dengan sambal yang pedas dan nasi hangat. Khasiat dari terong ungu sendiri ada banyak sekali salah satunya untuk menambah nutrisi ibu hamil dan janin didalam kandungan. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan ibu hamil dibawah ini.

Manfaat Terong Ungu untuk Ibu Hamil 

1. Sebagai Antioksidan

manfaat terong ungu untuk ibu hamil

Manfaat terong ungu untuk kesehatan ibu hamil yang pertama adalah sebagai antioksidan yang bagus untuk tubuh. Ibu hamil biasanya rentan sekali sakit terserang virus dan bakteri bahkan radikal bebas. Untuk mencegah efek dari itu semua maka antioksidan sangat dibutuhkan.Radikal bebas sendiri efeknya cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh, jadi perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan terutama saat hamil.

Jika di masa kehamilan mengkonsumsi terong ungu secara teratur maka tubuh bisa terhindar dari efek radikal bebas sehingga tubuh senantiasa sehat dan segar. Keluhan yang biasa muncul di masa kehamilan bisa diminimalisir dengan terong ungu.

2. Sumber Vitamin C

Makanan dengan kandungan vitamin C memang ada beragam, salah satunya adalah terong ungu. Vitamin C ini juga penting untuk tubuh khususnya ibu hamil karena bisa menjauhkan beragam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. Terong ungu ini juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan serta panas dalam, karena kandungan vitamin C pada sayur ini setara dengan buah jeruk.

Vitamin C dalam tubuh yang terpenuhi akan membantu sekali dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Virus dan bakteri pun tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh karena mengkonsumsi terong ungu yang kaya vitamin C.

3. Mencegah Kerusakan Otak Janin

manfaat terong ungu untuk ibu hamil

Otak janin harus mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Hal ini karena asam folat memang berguna untuk mengoptimalkan perkembangan otak khususnya pada janin. Sistem saraf pun bisa terjaga dengan baik jika asam folat terpenuhi. Jika bosan dengan daging yang tinggi asam folat, bisa beralih ke terong ungu untuk melakukan pencegahan terjadinya kerusakan otak pada janin yang dikandung.

4. Menjaga Tekanan Darah

Ibu hamil rentan sekali terkena hipertensi dan jika dibiarkan tentu ini akan sangat berbahaya bagi ibu dan janin. Agar tekanan darah selalu normal asupan yang masuk tubuh harus diperhatikan, baiknya konsumsilah terong ungu secara rutin. Terong ungu ini sangat bagus dalam menjaga tekanan darah selalu normal sehingga meminimalisir resiko hipertensi pada bumil.

5. Memenuhi Kebutuhan Fosfor dan Magnesium

manfaat terong ungu untuk ibu hamil

Ibu hamil harus betul-betul memperhatikan nutrisi yang masuk pada tubuhnya karena ada janin yang tumbuh dan berkembang di dalam kandungannya. Agar janin memiliki gigi yang bagus dan kuat kebutuhan fosfor dan magnesium harus dipenuhi. Dengan memenuhi kebutuhan fosfor dan magnesium maka tulang janin bisa terbentuk dengan optimal begitupula kesehatan tulang ibu juga selalu terjaga.

Ternyata manfaat terong ungu untuk ibu hamil cukup banyak ya. Terong ungu ini jenis sayur yang bisa diolah bersama jenis sayur lain sebagai pelengkap bisa juga disantap sebagai lalapan. Tentu itu akan memudahkan ibu hamil dalam mengkonsumsi terong ungu secara teratur selama masa kehamilannya. Rasanya enak dan khasiatnya banyak, meski begitu terong ungu memiliki harga yang sangat murah serta mudah ditemukan dimana saja. Jadi konsumsilah terong ungu secara teratur terutama selama masa kehamilan agar kesehatan senantiasa terjaga.