manfaat toge untuk ibu hamil

Tauge atau toge merupakan salah satu jenis sayuran yang seringkali kita konsumsi dan menyimpan banyak manfaat. Manfaat toge untuk ibu hamil juga dikenal baik dan beragam. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi dalam toge yang memang beragam. Lalu, apa saja manfaat toge selengkapnya?

Manfaat Toge untuk Ibu Hamil

Berikut berbagai manfaat yang bisa bumil dapatkan dengan mengkonsumsi kecambah yang satu ini, diantaranya:

1. Mencegah Terjadinya Keguguran

manfaat toge untuk ibu hamil

Manfaat toge untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah keguguran. Toge memang dikenal sebagai salah satu asupan yang dapat menambah kesuburan. Selain itu, karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu menangkal radikal bebas penyebab gangguan stabilitas kondisi ibu hamil, sayuran ini dipercaya mampu mengurangi risiko terjadinya keguguran.

2. Menghindari Cacat 

Manfaat toge lainnya adalah dipercaya mampu menghindari bayi lahir dengan kondisi cacat. Karena pada kecambah ini terkandung asam folat yang baik untuk proses pembentukan DNA pada janin.

3. Membantu Pembentukan Tulang

manfaat toge untuk ibu hamil

Seperti yang mungkin kita sudah tahu, bahwa ibu hamil membutuhkan asupan kalsium kebutuhan kalsium untuk proses pembentukan tulang juga memperbarui jaringan atau sel pada otot. Nah, kalsium ini bisa didapat dari toge yang tak hanya itu saja, sayuran kecil berwarna putih ini pun mampu membantu pembentukan janin serta mengandung estrogen alami dengan sebagai pencegah osteoporosis pada ibu hamil.

4. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi yang harus dihindari ibu hamil. Karena kondisi kekurangan sel darah merah  tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya produksi oksigen pada tubuh yang bisa saja memicu lemahnya daya pikir janin yang dikandung. Adanya asam folat yang pada toge dapat berperan dalam produksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia tersebut.

5. Menjaga Berat Badan Ibu Hamil

Kenaikan berat badan pada ibu hamil merupakan hal yang wajar, namun naiknya berat secara berlebihan pun dinilai tidak baik. Oleh karenanya, kandungan rendah kalori pada toge dapat membantu ibu hamil menjaga berat badannya agar tetap stabil atau bertambah sesuai dengan aturan.

6. Melancarkan Pencernaan

manfaat toge untuk ibu hamil

Manfaat toge untuk ibu hamil lainnya adalah untuk pencernaan yang lancar. Beberapa ibu hamil mengalami masalah sembelit atau konstipasi ketika mengandung. Kandungan kandungan serat yang cukup tinggi pada toge, dapat bantu mengatasi masalah tersebut.

7. Mengatur Kadar Gula

Selain berat badan, terkadang ibu hamil pun mengalami kenaikan kadar gula dalam darah. Sebagai alternatif makanan sehat yang dapat bantu mengatur kadar gula tersebut, bumil dapat mengkonsumsi toge. Selain itu, kecambah ini pun mengandung lesitin yang dapat bantu menjaga hati agar terhindar dari penumpukan lemak pemicu adanya gangguan kerja hati dan terhindar penyakit liver.

Namun perlu diingat bahwa ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi toge dalam keadaan matang dan menghindari toge mentah. Semua sayuran mentah termasuk toge harus dihindari ketika mengandung.  Karena bakteri Listeria, Salmonella, dan E. coli dapat berpindah ke dalam biji kecambah lewat celah pada cangkang dan dapat menimbulkan risiko pada kondisi ibu hamil. Untuk itu, kita disarankan mencuci bersih toge dan memasaknya hingga matang, serta dapat dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti ikan, daging atau pun tahu.

Demikian informasi mengenai manfaat toge untuk ibu hamil yang sangat beragam. Beragam manfaat toge memang bisa kita dapatkan. Salah satu yang paling dikenal adalah bisa menambah kesuburan. Namun, jika Anda sedang dalam program hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan kondisi pada tenaga profesional seperti morula ivf.co.id.