manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil

Manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil sangat banyak. Ubi yang hanya tumbuh di daerah Cilembu Sumedang ini memiliki rasa yang unik dan akan mengeluarkan cairan dengan rasa manis legit yang tidak bisa ditemukan di ubi jenis lainnya. Ubi cilembu memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Terdapat beragam manfaat ubi cilembu yang baik untuk janin. Tidak heran jika ubi cilembu kerap menjadi salah satu asupan pangan dengan nutrisi yang tepat untuk ibu dan janin dalam kandungannya. Berikut 5 manfaat ubi cilembu untuk kesehatan ibu hamil yang harus diketahui.

5 Kandungan Ubi Cilembu yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil

1. Kaya akan Vitamin A

manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil

Ubi cilembu mengandung vitamin A yang kaya. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil. Sedangkan manfaat vitamin A untuk janin adalah untuk mendukung pertumbuhan jaringan otot, kulit, tulang, mata serta organ penting lainnya.

Sehingga ubi cilembu baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi asupan vitamin A. Bahkan vitamin A juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel dan jaringan tubuh ibu dan janin dalam kandungannya.

Meski begitu konsumsi ubi cilembu yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan Vitamin A dalam organ hati yang dapat membahayakan kondisi ibu hamil dan janin, seperti keracunan hingga risiko bayi terlahir cacat.

2. Mengandung Vitamin C

Manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C itu sendiri menjadi asupan gizi yang penting untuk ibu hamil. Asupan vitamin C yang cukup dapat memberikan manfaat  diantaranya memperkuat daya tahan tubuh ibu, memperbaiki sel dan jaringan, menghindari gangguan perkembangan mental janin, membantu penyerapan zat besi, serta mencegah sindrom fetal alkohol. Sedangkan kekurangan vitamin C dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ibu hamil seperti anemia, rambut rontok, rentan infeksi virus, memar, sariawan dan lain sebagainya.

3. Tinggi Serat Pangan

manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil

Kandungan serat pada ubi cilembu juga cukup tinggi. Sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah masalah sembelit atau sulit buang air besar yang kerap dialami oleh wanita hamil.

4. Mengandung Protein Tinggi

Manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil juga diperoleh dari protein yang tinggi. Asupan protein pada ibu hamil bermanfaat untuk perkembangan jaringan tubuh janin terutama otak serta dibutuhkan dalam perkembangan payudara dan rahim ibu hamil.

Kekurangan asupan protein pada ibu hamil dapat menyebabkan berkurangnya massa otot ibu, antibodi bayi yang tidak bisa terbentuk optimal, pembentukan jaringan otot pada bayi tidak maksimal, menghambat tumbuh kembang bayi, dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

5. Gula Alami

manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil

Sebagai varietas manis (sweet potato) dari ubi jalar, ubi cilembu memiliki kandungan gula alami yang baik bagi tubuh. Sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir terjadinya kenaikan gula darah akibat mengkonsumsi ubi jalar ini.

Cara Mengolah Ubi Cilembu yang Aman untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi ubi cilembu berbeda dari ubi jalar yang lain. Ubi cilembu justru lebih nikmat dikonsumsi dengan cara dioven, dipanggang atau dibakar. Rasanya tidak akan sama seperti saat ubi cilembu digoreng, direbus atau dikukus. Bahkan karena kandungan gulanya, ubi cilembu bisa cepat gosong ketika digoreng.

Itulah manfaat ubi cilembu untuk ibu hamil yang harus diketahui. Biar bagaimanapun konsumsi ubi cilembu bagi ibu hamil tidak boleh berlebihan, sebab kandungannya dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan ibu dan janin.